Penulis Utama : Mir’atul Izzah
NIM / NIP : K1512041
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kenyamanan termal ruang kelas SMK Negeri 2 Surakarta (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan material dinding terhadap kenyamanan termal (3) Mengetahui waktu dan nilai suhu maksimal yang terjadi di ruang kelas SMK Negeri 2 Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data pengukuran suhu dan kelembaban menggunakan alat, analisis dan wawancara tak terstruktur. Analisis data  yang  digunakan  yaitu  dengan  teknik  simulasi  menggunakan  aplikasi Autodesk Ecotect Anaylisis.

Hasil  penelitian  ini  yaitu  (1)  Suhu  di  dalam  ruang  laboratorium  komputer mencapai 32,8°C dan nilai kelembaban 39% tidak sesuai dengan standar kenyamanan termal  yang berlaku  di  Indonesia  (2) Ada pengaruh penggunaan material dinding terhadap kenyamanan termal. Hasil pengukuran suhu dengan simulasi Autodesk Ecotect Analysis bangunan brick plaster yaitu 24,10°C, concblock plaster yaitu 22°C, timber clad masonry yaitu 24°C, dan framed timber plaster   yaitu   27°C   (3)   Hasil   pengukuran   dilapangan   pada   pukul   14.00 menunjukkan bahwa ruang laboratorium komputer mencapai suhu optimal ruang kelas dengan suhu 32.8°C dengan kelembaban 39%.

×
Penulis Utama : Mir’atul Izzah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1512041
Tahun : 2017
Judul : Analisis Kenyamanan Termal Material Selubung Bangunan Ruang Laboratorium Komputer SMK Negeri 2 Surakarta Menggunakan Autodesk Ecotect Analysis
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Pendidikan Teknik Bangunan-K1513047-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Siswanto, S.Pd, M.Ars
2. Ir. Chundakus Habsya, Ms.Ars
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.