Penulis Utama : Andi Fitriono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1512006
Tahun : 2016
Judul : Desain media alat peraga berbasis miniatur rumah sederhana untuk mata pelajaran ilmu bangunan gedung di SMK Ganesha Tama Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Jur. Pendidikan Teknik Bangunan- K1512006-2016
Subyek : ILMU BANGUNAN GEDUNG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan media alat peraga berbasis miniatur rumah sederhana untuk mata pelajaran ilmu bangunan gedung. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media alat peraga berbasis miniatur rumah sederhana untuk mata pelajaran ilmu bangunan gedung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D, dengan melakukan pengembangan media alat peraga berbasis miniatur rumah sederhana. Prosedur pengembangan media alat peraga dilakukan melalui: (1) Tahap studi pendahuluan dilakukan dengan studi literatur dan studi lapangan (observasi). (2) Tahap pengembangan yang dibagi menjadi 3 bagian diantaranya: Bagian pertama menyusun desain media alat peraga melalui instrumen bersama guru mata pelajaran ilmu bangunan gedung dan pembuatan media alat peraga. Bagian kedua melakukan validasi penilaian kepada para ahli/pakar materi dan media untuk menilai kelayakan media alat peraga yang dibuat. Bagian ketiga melakukan uji coba terbatas dengan 6 siswa yang sudah mengambil mata pelajaran ilmu bangunan gedung dan uji coba luas kepada 24 siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Ganesha Tama Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari proses pengembangan terkait model final media alat peraga berbasis miniatur rumah sederhana pada mata pelajaran ilmu bangunan gedung.
Pengembangan media alat peraga berbasis miniatur rumah sederhana diuji kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi ahli materi sebesar 83,57?n ahli media sebesar 82,63%. Kategori kelayakan media tersebut masuk dalam kategori “sangat layak” untuk ahli materi dan ahli media. Setelah itu diujicobakan secara terbatas dan secara luas dengan hasil uji coba terbatas sebesar 85,50?n uji coba luas sebesar 83,43%. Kategori kelayakan uji coba terbatas dan uji coba luas masuk kategori “sangat layak”.
Kata Kunci : media, alat peraga, ilmu bangunan gedung, miniature

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Efendi, M.Pd.
2. Rima Sri Agustin, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP