Penulis Utama : Astri Sri Wariyanti
NIM / NIP : S021502009
×

ABSTRAK

Latar Belakang:  Sistem informasi manajemen Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan ditujukan untuk memudahkan alur pelayanan jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat melalui aplikasi Primary Care (PCare) berbasis internet. Puskesmas di wilayah Dinas Kesehatan Kota Surakarta telah melaksanakan PCare sejak tahun 2015 yang terintegrasi dengan data Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem informasi manajemen BPJS PCare di Puskemas Kota Surakarta.

Subjek dan Metode: Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di dua Puskesmas rawat jalan dan dua Puskesmas rawat inap di Kota Surakarta. Subjek penelitian meliputi petugas pendaftaran dan pelaporan, tenaga medis yang menangani pasien  dan petugas BPJS kesehatan cabang Surakarta. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi.  Analisis data  meliputi  reduksi  data,  penyajian  data  dan  penarikan kesimpulan.

Hasil: Pelaksanaan PCare sudah terintegrasi dengan SIMPUS di bagian pendaftaran keempat Puskesmas Kota Surakarta dan data PCare dapat diakses langsung oleh petugas BPJS kesehatan cabang Surakarta. Sehingga monitoring dan evaluasi mudah dilakukan. Namun, PCare terkadang mengalami gangguan saat merujuk pasien ke pusat pelayanan yang lebih tinggi. Kendala lainnya, item keluhan di SIMPUS tidak terintegrasi dengan PCare di Puskesmas Gilingan dan Puskesmas Pajang sedangkan di Puskesmas Gajahan dan Puskesmas Kratonan semua item SIMPUS tidak terintegrasi dengan PCare di bagian pelayanan medik. Sehingga, tenaga medis harus memasukkan data dua kali.

Simpulan: Sistem informasi manajemen PCare berfungsi dengan baik di bagian pendaftaran  di  Puskesmas  Kota  Surakarta  tetapi  belum  optimal  di  bagian pelayanan  medik. Diskusi  bersama  antara  tim  teknologi  informasi  PCare  dan SIMPUS diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kata Kunci: Sistem Informasi, BPJS Kesehatan, primary care, Puskesmas

 

×
Penulis Utama : Astri Sri Wariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021502009
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Primary Care di Puskesmas Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana, Prodi. Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat - S021502009- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Arief Suryono, SH., MH
2. Dono Indarto, dr., M.Biotech.St., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.