Penulis Utama : Edita Karenina
NIM / NIP : G0113036
×


ABSTRAK


Di Indonesia, terdapat sekitar dua juta penduduk yang berada di kelas XII SMA dan sederajat yang harus menjalani ujian nasional dan tes masuk perguruan tinggi setiap tahun, termasuk pada siswa SMA di Surakarta. Hal ini dapat membentuk ketakutan akan kegagalan pada siswa karena terdapat konsekuensi negatif jika gagal lulus dari ujian nasional dan tidak diterima di perguruan tinggi yang dirasakan oleh siswa karena adanya tuntutan untuk mencapai suatu standar prestasi tertentu. Ketakutan akan kegagalan pada siswa berkaitan dengan kondisi siswa  itu  sendiri,  utamanya  adalah  kepercayaan  diri  dan  kemampuan  self regulated learning pada siswa.
Tujuan penelitian ini adalah; (1) mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan self regulated learning dengan ketakutan akan kegagalan, (2) mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan ketakutan akan kegagalan, (3) mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan ketakutan akan kegagalan Siswa SMA kelas XII di Kecamatan Banjarsari Surakarta.
Penelitian ini menggunakan proportional random sampling dengan sampel sebanyak 384 siswa kelas XII di Kecamatan Banjarsari Surakarta. Instrumen yang digunakan adalah skala ketakutan akan kegagalan, kepercayaan diri, dan self regulated learning. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai Fhitung sebesar 141,732 (p < 0 xss=removed>efektif kepercayaan diri sebesar 37,951% dan sumbangan efektif self regulated learning sebesar 4,709%. Secara parsial, terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan ketakutan akan kegagalan (p< 0 xss=removed xss=removed>Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kepercayaan diri dan self regulated learning dengan ketakutan akan kegagalan pada siswa SMA kelas XII di Kecamatan Banjarsari Surakarta yang berarti semakin tinggi ketakutan akan kegagalan pada individu, maka semakin rendah kepercayaan diri dan kemampuan self regulated learning pada individu tersebut dan sebaliknya.


Kata kunci: ketakutan akan kegagalan, kepercayaan diri, self regulated learning

 

×
Penulis Utama : Edita Karenina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0113036
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Self Regulated Learning dengan Ketakutan akan Kegagalan Pada Siswa SMA Kelas XII di Kecamatan Banjarsari Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Psikologi - G0113036-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Psi, Psikolog
2. Mahardika Supratiwi, S.Psi, M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.