Penulis Utama : Fadhila Khairunnisa
NIM / NIP : G0014088
×

ABSTRAK
Latar belakang: Preeklampsia adalah penyakit yang timbul dengan tanda-tanda : hipertensi, edema, dan proteinuria yang timbul karena kehamilan. Faktor risiko yang meningkatkan kejadian preeklampsia di antaranya adalah usia, genetik, paritas, riwayat preeklampsia, kehamilan multipel, penyakit kronis, indeks massa tubuh, usia kehamilan. Jarak waktu kehamilan terlalu panjang juga merupakan faktor risiko terjadinya preeklampsia. Jarak kehamilan yang terlalu jauh memungkinkan pemulihan yang sempurna dari ibu, namun berhubungan dengan berkurangnya kesuburan, usia yang menua dan penyakit maternal yang juga berhubungan dengan meningkatnya risiko preeklampsia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jarak waktu kehamilan dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil multigravida di RSUD Moewardi Surakarta.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di RSUD Moewardi Surakarta, pada September hingga Oktober 2017. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah ibu hamil multigravida dengan jarak kehamilan di atas 5 tahun dan 1 – 3 tahun yang mengalami preeklampsia dan nonpreeklampsia tercatat di RSUD Moewardi Surakarta. Pengambilan data dilakukan dengan melihat rekam medis pasien di bagian instalasi rekam medis RSUD Moewardi. Variabel terikat adalah kejadian preeklampsia, sedangkan variabel bebasnya adalah jarak waktu kehamilan. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan uji Chi-Square (X2).

Hasil penelitian: Uji analisis Chi-Square menunjukkan nilai p =  0,000 (p<0 OR=4.49>

Simpulan penelitian: Penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara jarak waktu kehamilan di atas 5 tahun terhadap kejadian preeklampsia pada ibu hamil multigravida di RSUD Moewardi Surakarta.

Kata kunci: preeklampsia, jarak waktu kehamilan, multigravida

 

×
Penulis Utama : Fadhila Khairunnisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014088
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Jarak Waktu Kehamilan dengan Kejadian Preeklampsia pada Ibu Hamil Multigravida di RSUD Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Kedokteran - G0014088-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Wisnu Prabowo, Sp.OG(K)
2. Dra. Dyah Ratna Budiani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.