Penulis Utama : Intan Permata Sari
NIM / NIP : R1116040
×


ABSTRAK


Latar belakang : Remaja menganggap bahwa kesehatan reproduksi tabu untuk dibicarakan sehingga mencari informasi sendiri akan tetapi mereka belum bisa memilih   informasi   yang   perlu   bagi   dirinya.   Sikap   tumbuh   diawali   dari pengetahuan yang dipersepsikan, kemudian diinternalisasikan ke dalam dirinya. Sikap menabukan seks pada remaja hanya mengurangi kemungkinan untuk membicarakannya secara terbuka, tetapi tidak menghambat hubungan seks itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan kesehatan reproduksi dengan sikap seksual di SMP N 7 Surakarta.

Metode penelitian  :  Menggunakan  observasional  analitik  dengan  pendekatan cross  sectional.  Teknik  sampling  yang  digunakan  adalah  claster     random sampling dengan jumlah sampel 80 remaja di SMP N 7 Surakarta, data diambil menggunakan kuisioner. Uji analisis menggunakan Kendal Tau-b dengan bantuan SPSS

Hasil penelitian :   Pengetahuan   responden tentang kesehatan reproduksi terbanyak pada kategori cukup  yaitu 51 responden (63.75%) sedangkan sikap responden yang paling banyak adalah negatif 43 responden (53.75 %). Analisis data memperlihatkan arah positif dan tidak ada hubungan antar variabel (p=0.56, r=0.06)

Kesimpulan :   tidak ada hubungan bermakna antara pengetahuan kesehatan reproduksi dengan sikap seksual pada remja di SMP N 7 Surakarta.

Kata kunci : pengetahuan, kesehatan reproduksi, sikap seksual

 

×
Penulis Utama : Intan Permata Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116040
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi dengan Sikap Seksual pada Remaja di SMP N 7 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. DIV Bidan Pendidik - R1116040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hardiningsih, S.ST, M.Kes
2. Angesti Nugraheni,SST, M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.