Penulis Utama : Kartika Dwi Aryani
NIM / NIP : G0112055
×


ABSTRAK


Kematangan karir adalah perilaku seseorang yang dilakukan bertujuan untuk  melaksanakan  tugas-tugas  pengembangan  karir  yang  berbeda,  sesuai dengan setiap tahap kematangannya. Proses menuju kematangan karir dilalui dengan   berbagai   hambatan   yang   akan   dihadapi   oleh   individu.   Mengatasi hambatan tersebut individu harus memiliki kemampuan yang mumpuni agar masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik dan efektis yang disebut juga dengan kecerdasan adversitas. Selain memiliki kemampuan, individu juga harus memiliki keyakinan bahwa hambatan yang datang dapat terselesaikan dan tidak terjadi berlarut-larut atau disebut juga dengan efikasi diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan adversitas dan efikasi diri dengan kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Sebelas Maret.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir angkatan
2011 dan 2012 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS yang berjumlah 100 orang. Instrumen yang digunakan adalah Career Maturity Inventory (CMI), skala kecerdasan adversitas, dan skala efikasi diri. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai Fhitung  sebesar 6,999 > nilai Ftabel sebesar 3,090 dengan taraf
siginifikansi 0,001 < 0 xss=removed xss=removed>dimana sumbangan efektif kecerdasan advesritas = 11,3% dan sumbangan efektif efikasi  diri  = 1,3%.  Secara parsial,  terdapat  hubungan  yang signifikan  antara kecerdasan adversitas dengan kematangan karir (sig 0,031 < 0 xss=removed>0,052 > 0,05), rx2y = 0,196.
Kesimpulan   pada   penelitian   ini   adalah   terdapat   hubungan   antara kecerdasan adversitas dan efikasi diri dengan kematangan karir, antara kecerdasan adversitas dengan kematangan karir, dan tidak terdapaat hubungan anatara efikasi diri dengan kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Kata kunci : Kecerdasan Adversitas, Efikasi Diri, Kematangan Karir.

 

×
Penulis Utama : Kartika Dwi Aryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0112055
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Kecerdasan Adversitas dan Efikasi Diri dengan Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran,Prodi. Psikologi - G0112055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pratista Arya Satwika, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.