Penulis Utama : Kezia Enala Joanne Liu
NIM / NIP : G0014131
×

ABSTRAK
Latar Belakang: Media sosial semakin marak digunakan, termasuk oleh pelajar. Penggunaan media sosial yang berujung pada kecanduan media sosial akan mempengaruhi proses belajar siswa di sekolah, misalnya terlambat bangun, tidur kurang, tidak mampu melakukan multi-tasking antara media sosial dan belajar, serta tidak dapat mengatur penggunaan media sosial mereka. Hal-hal tersebut dapat membuat pelajar dengan kecanduan media sosial mengalami  penurunan prestasi belajar di sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan media sosial dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 3 Surakarta.

Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan secara cross sectional dengan subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas XI dan XII di SMA Negeri 3 Surakarta. Pengukuran nilai kecanduan media sosial dilakukan menggunakan kuesioner Social Media Addiction Scale (SMAS) dan dianalisis secara statistik menggunakan Uji Regresi Logistik.

Hasil Penelitian: Sebanyak 203 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dari total sampel 707 siswa. Hasil uji regresi logistik didapatkan variabel kelas paling berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai OR = 2,606E7.

Simpulan Penelitian: Tidak terdapat hubungan kecanduan media sosial dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 3 Surakarta.

Kata Kunci : Kecanduan media sosial, SMAS, prestasi belajar

 

×
Penulis Utama : Kezia Enala Joanne Liu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014131
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Kecanduan Media Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 3 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Kedokteran - G0014131-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Gst Ayu Maharatih, dr., Sp.KJ(K)., M.Kes
2. Debree Septiawan, dr., Sp.KJ., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.