Penulis Utama : Nabila Hafizah
NIM / NIP : G0014170
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Sekolah selain berfungsi sebagai tempat belajar mengajar juga dapat   menjadi   sarana   dalam   penyebaran   penyakit   menular,   terlebih   jika lingkungan  sekolah  tidak  dikelola  dengan  baik.  Diare  merupakan  penyakit berbasis lingkungan dan masih sering menjadi masalah kesehatan anak usia sekolah. Penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dan dikurangi dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan penerapan PHBS yang baik di sekolah. Keberhasilan kegiatan PHBS di tatanan sekolah dapat diukur menggunakan indikator yang telah ditetapkan oleh Departemen Kesehatan RI tahun 2011 dan diklasifikasikan dalam beberapa strata.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan strata perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tatanan sekolah dengan kejadian diare pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Sukoharjo.

Metode:  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  observasional  analitik  dengan metode cross sectional. Penelitian dilakukan di di tiga sekolah dasar yang berada di  wilayah  kerja  Puskesmas  Polokarto  Kabupaten  Sukoharjo  dengan  jumlah subjek  49  siswa  kelas  6  SD.  Pengambilan  subjek  dilakukan  dengan  teknik stratified random sampling. Variabel bebas adalah Strata PHBS tatanan Sekolah yang diukur dengan data PHBS tatanan sekolah dari puskesmas setempat yang terdiri  dari  15  indikator.  Variabel  terikat  adalah  riwayat  kejadian  diare  yang diukur dengan kuisioner tentang kejadian diare pada siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji hipotesis Chi-square.

Hasil: Menunjukkan terdapat hubungan yang  signifikan (p = 0,005 < 0>

Simpulan:  Terdapat  hubungan  yang    signifikan  antara  strata  Perilaku  Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tatanan sekolah dengan kejadian diare pada siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: PHBS, PHBS tatanan sekolah, Diare, Chi-square.

 

×
Penulis Utama : Nabila Hafizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014170
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Strata Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah dengan Kejadian Diare pada Siswa Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Kedokteran - G0014170-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari.
2. Heni Hastuti, dr
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.