Penulis Utama : Rosalia Anjani
NIM / NIP : G0010169
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Peningkatan status kesehatan melalui perbaikan pengetahuan dan perilaku masyarakat dalam pemberian MP-ASI diperlukan sebagai bagian dalam upaya untuk perbaikan gizi. Pemberian MP-ASI yang tepat akan mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengetahuan Ibu sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan MP-ASI di Posyandu Menur 20 Jebres Surakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research) dengan desain penelitian one group pretest post tes. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Subjek penelitian adalah ibu dengan anak usia 0-24 bulan sebanyak 53 orang. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis uji statistika Paired T Test (?= 0,05)
Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian ini, didapatkan tingkat pengetahuan ibu pada saat sebelum penyuluhan yaitu 24 ibu (45,28%) baik, 19 ibu (35,85%) cukup dan 10 ibu (18,87%) kurang. Hasil penelitian pengetahuan ibu setelah penyuluhan yaitu 37 ibu (69,81%) baik, 16 ibu (30,19%) cukup dan tidak ada ibu berpengetahuan kurang. Hasil Paired T Test  menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat pengetahuan ibu tentang MP-ASI sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan (p=0,000 ; p < 0>Simpulan Penelitian: Terdapat perbedaan yang signifikan tingkat pengetahuan ibu tentang MP-ASI sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan di Posyandu Menur 20 Jebres Surakarta.
Kata Kunci: pengetahuan Ibu, MP-ASI, penyuluhan

 

×
Penulis Utama : Rosalia Anjani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0010169
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Pengetahuan Ibu tentang Makanan Pendamping Asi sebelum dan sesudah Penyuluhan di Posyandu Menur 20 Jebres Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Kedokteran - G0010169-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arsita Eka Praseyawati, dr., M.Kes.
2. Endang Listyaningsih S, dr., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.