Penulis Utama : Yosefina Sonia Christya Kartika
NIM / NIP : G0014244
×


ABSTRAK

 

Latar Belakang: Tembakau, yang setiap tahunnya menjadi penyebab kematian 6 juta orang di seluruh dunia, adalah salah satu masalah terbesar dalam ancaman kesehatan masyarakat yang dihadapi oleh dunia. Berbagai produk baru telah diperkenalkan dan dipasarkan untuk perokok sebagai alternatif untuk rokok konvensional. Rokok elektronik adalah hasil perkembangan terbaru dalam pengurangan dampak buruk tembakau, yang dipasarkan sebagai alternatif yang lebih aman untuk merokok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kadar kalsium serum akibat paparan asap rokok konvensional dengan uap rokok elektronik pada tikus putih.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik yang dilaksanakan di Laboratorium Biokimia Universitas Setia Budi Surakarta. Sampel penelitian berupa 30 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan, usia 3-4 bulan, galur Wistar, dikelompokkan secara random menjadi: Kelompok Kontrol (KK), Kelompok Perlakuan 1 (dipapar asap rokok konvensional) dan Kelompok Perlakuan 2 (dipapar uap rokok elektronik). Paparan asap rokok konvensional dan uap rokok elektronik diberikan tiga kali sehari keduanya selama 21 hari, dengan peningkatan kadar nikotin setiap minggunya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah paparan asap rokok konvensional dan uap rokok elektronik, dan variabel terikat berupa kadar kalsium serum tikus putih. Peneliti melihat perubahan kadar kalsium serum tikus putih dengan membandingkan hasil pretest dan posttest. Data dianalisis dengan uji One-way ANOVA dan uji t berpasangan (? = 0.05).

Hasil: Berdasarkan uji One-Way ANOVA, pada data hasil pretest (p = 0.398) maupun posttest (p = 0.945) tidak didapatkan perbedaan rerata kadar kalsium serum yang bermakna antara Kelompok Kontrol, Kelompok Perlakuan 1, dan Kelompok Perlakuan 2. Dari hasil uji t berpasangan didapatkan nilai signifikansi 0,350 (p>0,05), yang menunjukkan tidak didapatkannya perbedaan yang bermakna antara rerata kadar kalsium serum hasil pretest dan posttest.

Simpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik pada kadar kalsium serum antara kelompok tikus putih yang diberikan paparan asap rokok konvensional dengan kelompok tikus putih yang diberikan paparan uap rokok elektronik.


Kata kunci: asap rokok, uap rokok, rokok konvensional, rokok elektronik, nikotin, kalsium serum

 

×
Penulis Utama : Yosefina Sonia Christya Kartika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014244
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Kadar Kalsium Serum Akibat Paparan Asap Rokok Konvensional dengan Uap Rokok Elektronik pada Tikus Putih (Rattus novergicus)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Kedokteran - G0014244-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. R. Prihandjojo Andri Putranto, dr, M.Si
2. Sarsono, Drs, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.