Penulis Utama : Nurjanah Fenty Lestari
NIM / NIP : K3112057
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas teknik token economy
untuk meningkatkan Adversity Quotient (AQ) peserta didik kelas V SD Negeri 05
Jaten, Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan pra-eksperimen dengan jenis rancangan penelitian  One Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas V SD Negeri 05
Jaten, Karanganyar yang memiiki skor AQ rendah. Token economy merupakan salah satu teknik modifikasi perilaku yang memberikan reinforcement pada subjek untuk merubah perilaku yang dimiliki. Teknik token economy bertujuan agar AQ peserta didik meningkat sehingga tidak mudah putus asa dan mampu mengatasi kesulitan yang ada terutama permasalahan belajar.
Pelaksanaan token economy dalam penelitian ini dilakukan pada kegiatan pembelajaran di kelas. Apabila peserta didik menunjukkan perilaku yang mencerminkan  AQ  tinggi  seperti  percaya  diri,  tidak  malu  bertanya,  mau menjawab pertanyaan guru, dan tidak putus asa ketika melakukan kesalahan diberikan token. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen adversity quotient yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  uji  statistik  non  parametrik dengan uji Wilcoxon sign rank test.
Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diketahui bahwa terjadi perubahan  nilai  mean  pretest  sebesar  22,30  meningkat  menjadi  27,20  pada posttest setelah pemberian perlakuan. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antara  pretest dan posttest menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,003 < nilai>Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik token economy efektif dalam meningkatkan adversity quotient peserta didik kelas V SD Negeri 05 Jaten, Karanganyar.

 

×
Penulis Utama : Nurjanah Fenty Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112057
Tahun : 2017
Judul : Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Peserta Didik Kelas V SD N 05 Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling-K3112057-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Wiyanti H, M.Si
2. Ulya Mahmudah, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.