Penulis Utama : Umar Yeni Suyanto
NIM / NIP : S991602026
×

Dalam   era   digitalisasi   peran   media   sebagai   alat   bantu   dalam   proses pembelajaran   sangat   penting   dalam   meningkatkan   mutu   pendidikan.   Penelitian   ini bertujuan  untuk  menguji keefektifan  e-book  humas  dan  keprotokolan  berbasis  active learning  yang  telah  dikembangkan  dapat  meningkatkan  motivasi dan  hasil belajar  di SMK kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penyusunan media yang dikembangkan memanfaatkan software Adobe flash CS6.
Tahap  pengembangan  menggunakan  model pengembangan  dari Hannafin  dan
Peck  yang terdiri atas 3  tahap  yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain serta tahap pengembangan    dan    implementasi.    Pada    tahap    uji   coba,    e-book    humas   dan keprotokolan  berbasis active learning  di uji coba melalui validitas oleh para ahli dan uji  coba  oleh  peserta  didik.  Instrumen  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah angket  dan  tes.  Hasil wawancara  dan  observasi dianalisis  dengan  deskriptif kualitatif, sedangkan kuesioner dan tes dianalisis  dengan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan    hasil   analisis    uji   keefektifan    media    e-book    humas    dan
keprotokolan  berbasis  active learning  dengan menggunakan software  IBM SPSS  22 dengan rumus uji t-test,  Nilai thit ung     yang didapatkan dari post-test hasil belajar kelas eksperimen  dan kelas kontrol adalah 3,36  dengan nilai tt abel   sebesar 2,00.  Sedangkan nilai  post-test   motivasi  belajar  kelas  eksperimen  dan  kelas  kontrol  adalah  10,63 dengan nilai tt abel  sebesar 2,00 dengan demikian thit ung    > tt abel  yang berarti peningkatan nilai  motivasi  dan  hasil  belajar  kelas  eksperimen  lebih  baik  daripada  kelas  kontrol. Hasil belajar  kelas  eksperimen  menunjukkan mean  post-test  sebesar 82,50  sedangkan hasil belajar kelas kontrol menunjukkan mean post-test sebesar 75,75. Motivasi belajar kelas  eksperimen  menunjukkan  mean  post-test  sebesar  103,71   sedangkan  motivasi belajar kelas kontrol menunjukkan mean post-test sebesar 86,75 Perbedaan mean post- test antara kelas eksperimen  dan kontrol sebesar 6,75 dan 16,96  poin.
Kesimpulan  dari penelitian  ini adalah  media  e-book  humas dan keprotokolan berbasis active learning  layak  dan efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan
hasil  belajar   siswa.   Hal  ini  didasarkan  pada  hasil  uji  t  yang  menunjukkan  nilai signifikansi (0,001<0>

 

×
Penulis Utama : Umar Yeni Suyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991602026
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan E-Book Humas Dan Keprotokolan Berbasis Pendekatan Active Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa di SMK Kabupaten Lamongan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Ekonomi-S031508013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.S
2. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
View My Stats