Penulis Utama : Ika Rochmawati Oktavia
NIM / NIP : S431508018
×


ABSTRAK

 


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh independensi terhadap efektivitas audit internal, pengaruh kualitas pekerjaan audit terhadap efektivitas audit internal, pengaruh dukungan manajemen terhadap hubungan antara independensi terhadap efektivitas audit internal, dan pengaruh dukungan manajemen terhadap hubungan antara kualitas pekerjaan audit terhadap efektivitas audit internal pada pemerintah daerah di Indonesia.
Responden penelitian ini adalah Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) di inspektorat se-Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan kuisioner yang didistribusikan  secara  langsung  maupun  surat  kepada  653  responden,  namun hanya 592 kuisioner yang dapat diolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa independensi berpengaruh positif terhadap efektivitas audit  internal pemerintah  daerah,  kualitas pekerjaan  audit berpengaruh   positif   terhadap   efektivitas   audit   internal   pemerintah   daerah, dukungan manajemen memoderasi hubungan antara independensi dan efektivitas audit   internal   pemerintah   daerah,   dan   dukungan   manajemen   memoderasi hubungan antara kualitas pekerjaan audit dan efektivitas audit internal pemerintah daerah. Auditor yang independen, akan menyajikan temuan yang sesuai dengan fakta yang ada sehingga audit yang dilakukan memberi nilai tambah bagi organisasi. Hasil audit yang berkualitas akan memberikan nilai tambah kepada auditan  sehingga  reformasi  birokrasi  untuk  menciptakan  birokrasi  pemerintah yang baik dan bersih dapat dicapai. Prediksi nilai negatif dalam moderasi mengindikasikan  bahwa  dukungan  manajemen memperlemah  hubungan  antara independensi dengan efektivitas audit internal dan memperlemah hubungan antara kualitas pekerjaan audit dengan efektivitas audit internal. Hal ini disebabkan karena  posisi  inspektorat  berada  di  bawah  manajemen  pemerintah  daerah sehingga keputusan akhir hasil audit menjadi kewenangan manajemen puncak untuk memutuskannya.

 

Kata kunci  :   dukungan  manajemen,  efektivitas  audit  internal,  independensi, kualitas pekerjaan audit, pemerintah daerah.

 

×
Penulis Utama : Ika Rochmawati Oktavia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431508018
Tahun : 2017
Judul : Independensi, Kualitas Pekerjaan Audit dan Efektivitas Audit Internal: Peranan Dukungan Manajemen (Studi pda Inspektorat di Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prodi. Magister Akuntansi - S431508018-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Doddy Setiawan, SE., M.Si., IMRI., Ph.d., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.