Penulis Utama : Muhamad Toyib
NIM / NIP : S851308036
×

ABSTRAK
Aljabar adalah sebuah rangkaian konsep dan kompetensi yang mengijinkan siswa menggeneralisasi, memodelkan, dan menganalisis kasus matematika. Pembelajaran persamaan linier sebagai dasar bagi aljabar. Di tingkat sekolah menengah di Indonesia, penyelesaian persamaan linier diajarkan kepada siswa terlalu algortmis tanpa pemahaman kenapa dan bagaimana penyelesaian tersebut diperoleh. Hal ini menumbuhkan kebutuhan serangkaian aktivitas siswa untuk mendukung perkembangan pengetahuan konseptual dan prosedural dalam pembelajaran persamaan linier. Aktivitas ini menggunakan flowchart sebagai langkah yang bermakna dan menyenangkan untuk mempelajari persamaan linier satu variabel. Tujuan penelitian ini adalah mendukung proses belajar siswa dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel dengan menggunakan flowchart. Fokus penelitian terletak pada bagaimana penggunaan flowchart dapat mendukung pengetahuan konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel.
Design researchdipilih sebagai pendekatan penelitian untuk mencapai tujuan penelitian.Tiga tahapan dalam pendekatan ini yaitu persiapan penelitian, percobaan pembelajaran, dan analisis retrospektif. Serangkaian aktivitas dikembangkan menggunakan pendekatan Pendidikan Realistik Matematika. Desain pembelajaran dengan 4 aktivitas yang merupakan bagian dari hipotesis trajektori pembelajaran/ Hypotetical Learning Trajectory (HLT) diuji dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan diSMP Negeri 1 Surakarta selama bulan Januari hingga Maret tahun 2015.Enam orang siswa dilibatkan pada siklus pertama dan 32 orang siswa dijadikan sebagai subjek penelitian pada siklus kedua. Proses pengumpulan data dilakukan dari rekaman video, pengumpulan hasil kerja tertulis siswa, dan lembar observasi. Analisis dilakukan dengan menguji HLT dengan cara membandingkannya dengan aktivitas pada siklus kedua.
Setelah pengujian HLT, ditemukan bahwaflowchart dua arah membantu siswa untuk memahami pemilihan operasi yang dikenakan pada setiap langkah, yang merupakan operasi invers dari penyusunan bentuk persamaan tersebut. Flowchartdua arah mendukung pengembangan pengetahuan konseptual siswa berkaitan dengan inverse operation dan order of operation. Selain itu, flowchart dua arah mendukung pengembangan pengetahuan prosedural bactracking. Flowchart satu arah dapat membantu siswa dalam memahami konsep equal sign, signed number operationsdan distributive property, juga dapat membantu siswa dalam memahami prosedur equivalencedan simplifying.
Kata Kunci: Persamaan Linier Satu Variabel, Pengetahuan Konseptual, Pengetahuan Prosedural, Flowchart, RME.

 

×
Penulis Utama : Muhamad Toyib
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851308036
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Flowchart untuk Mendukung Pengembangan Pengetahuan Konseptual dan Pengetahuan Prosedural pada Pembelajaran Persamaan Linear Satu Variabel
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prodi. Magister Pendidikan Matematika- S851308036-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo Kusmayadi., M. Sc, Ph. D.
2. Dr. Riyadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.