Penulis Utama : Desi Utami
NIM / NIP : C1010008
×

ABSTRAK
Teologi dakwah merupakan ajakan kepada umat muslim agar selalu mengikuti ajaran Allah dengan prinsip-prinsip yang sesuai denganAlqur’an. Rumusan masalah penelitian ini : 1) Teologi dakwah apa yang digunakan Hasan Al-Banna terhadap masyarakat Mesir? 2)Bagaimana metode dakwah Hasan Al-Banna yang digunakan untuk menyampaikan dakwahnya terhadap masyarakat Mesir? 3) Bagaimana perubahan sosial di Mesir pasca dakwah Hasan Al-Banna? Tujuan penelitian ini pertama untuk memperkenalkan landasan Teologi Dakwah yang digunakan Hasan Al-Banna terhadap masyarakat Mesir. Kedua, untuk menjelaskan prinsip-prinsip metodologi yang digunakan Hasan Al-Banna dalam berdakwah. Ketiga, untuk mengetahui perubahan masyarakat Mesir pasca dakwah Hasan Al-Banna.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu teknik analisis yang berupa teologi dakwah dan perubahan sosial masyaraka tMesir. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengumpulan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang meliputi: pengumpulan data dan informasi sehingga ditarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) teologi dakwah Hasan Al-Banna adalah dakwah Islamiyah yang disampaikan kepada masyarakat muslim sesuai dengan prinsip-prinsip di dalam Al-Qur’an. (2) metode dakwah Hasan Al-Banna terdiri dari tiga tahapan yaitu ta’rif, takwin dan tanfidz. (3) perubahan sosial masyarakat Mesir terbagi menjadi empat aspek yaitua spek agama, aspek sosial, aspek ekonomi, dan aspek politik.
Kata kunci : Teologi Dakwah, Perubahan Sosial

 

×
Penulis Utama : Desi Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1010008
Tahun : 2016
Judul : Peran teologi dakwah Hasan Al-Banna terhadap perubahan masyarakat di Mesir
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Arab- C1010008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. M. Farkhan Mujahidin, S.Ag., M.Ag.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.