Penulis Utama : Benny Alfian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1815011
Tahun : 2017
Judul : Studi Kelayakan Peternakan Kambing Perah Di Kelurahan Candirejo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian Jur. Agribisnis - H1815011- 2017
Subyek : SUSU SAPI, ASPEK LINGKUNGAN DAN ASPEK FINANSIAL SERTA SENSITIVITAS USAHA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Salah satu upaya pemenuhan kebutuhan protein hewani bagi masyarakat Indonesia adalah melalui konsumsi susu. Susu merupakan salah satu produk peternakan yang permintaannya semakin meningkat. Seiring perkembangan jaman, kesadaran masyarakat akan kebutuhan untuk mengkonsumsi protein hewani. Susu yang paling populer saat ini adalah susu sapi dan berbagai olahannya, namun ternyata dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki lebih banyak keunggulan baik dari segi kandungan gizi maupun tingkat harga. Usaha peternakan kambing perah dapat dijadikan sebagai alternatif diversifikasi usaha peternakan selain sapi perah, karena terbatasnya daerah yang sesuai untuk pengembangan sapi perah di Indonesia Kambing perah merupakan komoditas subsektor peternakan yang sangat potensial. Hal tersebut dapat dilihat dari kebutuhan investasi, usaha kambing perah memerlukan investasi dan biaya pemeliharan jauh lebih kecil dibandingkan sapi perah, disamping itu relatif lebih mudah dalam manajemen. Daerah yang memiliki potensi pengembangan usaha peternakan kambing perah salah satunya adalah di Desa Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang dikarenakan daerah tersebut memiliki keunggulan lokasi untuk usaha peternakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan usaha peternakan kambing perah berdasarkan aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen, aspek lingkungan dan aspek finansial serta sensitivitas usaha.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik studi kasus. Penelitian dilaksanakan di Desa Candirejo Kelurahan Candirejo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan pencatatan. Sumber informasi berasal dari informan meliputi: 7 orang peternak sebagai pelaku usaha peternakan kambing perah, pedagang kambing, petugas pasar hewan, Bank BRI Ungaran serta Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif untuk aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen, dan aspek lingkungan. Metode analisis untuk aspek finansial menggunakan kriteria kelayakan NPV, IRR, Net B/C, Gross B/C, dan Payback period. Analisis sensitivitas ditentukan dengan teknik coba-coba.
Hasil analisis menunjukan bahwa usaha peternakan kambing perah di Desa Candirejo berdasarkan aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen dan aspek lingkungan layak untuk dijalankan. Hasil analisis finansial dengan kriteria kelayakan investasi NPV, IRR, Net B/C, GrossB/C dan PaybackPeriod menunjukkan layak untuk dijalankan dengan umur proyek selama 5 tahun dengan discount rate 12?n tingkat inflasi 5,434%/tahun. Nilai NPV sebesar Rp 759.719.427,00, nilai IRR 60,45%, Net B/C 2,50, Gross B/C sebesar 1,64 dan paybackperiod selama 1,83 tahun. Analisis sensitivitas menunjukan batas maksimum peningkatan biaya bakalan kambing sebesar 9%, apabila lebih dari 24% maka usaha sudah tidak layak dijalankan. Sedangkan batas maksimum peningkatan biaya pakan sebesar 123%, apabila melebihi 123% maka usaha tidak layak dikembangkan. Nilai batas maksimum yang melebihi angka 100% membuktikan bahwa peningkatan harga pakan tidak terlalu berarti atau tidak terlalu sensitif dengan usaha yang dijalankan. Sedangkan batas maksimum penurunan harga jual susu sebesar 28,9%, apabila melebihi 28,9% maka usaha tidak layak dijalankan.

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
Bab IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S
2. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian