Penulis Utama : Listya Gustani Husnayati
NIM / NIP : H0413024
×

ABSTRAK

Pembangunan pertanian bertujuan untuk mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia   supaya   dapat   memenuhi   kebutuhan   pangan   rakyatnya.   Upaya pemerintah   untuk   mewujudkan   ketahanan   pangan   tidak   berjalan   mulus. Pemerintah menghadapi masalah produktivitas padi yang cenderung stagnan bahkan menurun dan tenaga kerja di sektor pertanian semakin berkurang yang akhirnya berpengaruh pada produktivitas pertanian. Kondisi tersebut menuntun adanya teknologi  alat  dan  mesin  pertanian  (Alsintan).  Strategi  pengembangan alsintan dalam rangka pemanfaatan inovasi dan teknologi mekanisasi pertanian yang dilakukan dengan menumbuh dan mengembangkan sistem kelembagaan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA). UPJA di Kecamatan Tawangsari berada di dua Desa yaitu Desa Dalangan dan Desa Majasto. UPJA di Desa Dalangan terbentuk pada Tahun 2014 dan saat ini sudah dijadikan percontohan Nasional. UPJA di Desa Majasto yang terbentuk Tahun 2016 sampai saat ini belum berkembang. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor pembentuk  persepsi petani terhadap UPJA, menganalisis persepsi petani terhadap UPJA,   menganalisis hubungan antara faktor-faktor pembentuk persepsi dengan persepsi petani terhadap UPJA, serta menganalisis perbedaan persepsi petani terhadap UPJA berdasarkan lingkungan petani dan kedudukan petani di kelompok tani.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive dengan mengambil 2 kelompok tani yaitu kelompok tani Ngudi Rejeki di Desa Dalangan dan Ngudi Makmur di Desa Majasto. Sampel ditentukan dengan teknik multi stage cluster random sampling, sebanyak 60 petani responden. Analisis data yang digunakan adalah rank spearman dan U Mann-Whitney.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  faktor  pembentuk  persepsi  yaitu umur petani dalam kategori sedang, pendidikan formal dalam kategori tinggi, pendidikan  non  formal  dalam  kategori  rendah,  pengalaman  dalam  kategori sedang, pendapatan dalam kategori sangat tinggi, luas lahan dalam kategori sangat luas dan lingkungan ekonomi dalam kategori sedang. Persepsi petani terhadap UPJA yaitu 61,67% petani responden berpersepsi baik terhadap UPJA. Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pendidikan non formal dan lingkungan ekonomi dengan persepsi petani terhadap UPJA pada taraf kepercayaan 99%. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman, pendapatan dan luas lahan dengan persepsi petani terhadap UPJA pada taraf kepercayaan 90%. Terdapat hubungan  yang  tidak  signifikan  pada  umur  dan  pendidikan  formal  dengan persepsi petani terhadap UPJA. Terdapat perbedaan persepsi yang signifikan terhadap UPJA berdasarkan lingkungan petani dan kedudukan petani di kelompok tani terhadap UPJA.

Kata Kunci : Adalah Rank Spearman Dan U Mann-Whitney, Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (Upja)

 

 

×
Penulis Utama : Listya Gustani Husnayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0413024
Tahun : 2017
Judul : Persepsi Petani Terhadap Upja (Usaha Pelayanan Jasa Alsintan) Di Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - H0413024- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.Si
2. Hanifah Ihsaniyati, SP, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.