Penulis Utama : Sendi Purwanto
NIM / NIP : D1215051
×

ABSTRAK

Berkembangnya dunia perfilman tak lepas dari berkembangnya perilaku sosial di masyarakat. Contohnya perilaku homoseksual, dimana isu sosial ini banyak digunakan pada sebuah film. Banyak sekali film hollywood memasukkan unsur homoseksual pada sebuah film, baik film tersebut bertemakan homoseksual atau bukan. Contoh judul film tersebut yaitu film Beauty and the Beast, Star Trek, The Imitation Game, Milk, dan masih banyak lagi.
Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku homoseksual direpresentasikan dalam sebuah film, dalam penelitian ini adalah film Moonlight, yang diwakilkan oleh seorang tokoh bernama Chiron.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dimulai dengan menonton film Moonlight dari awal film hingga credit title selesai. Kemudian penelitian selanjutnya, peneliti mencari data penunjang berupa literatur ilmiah, seperti buku dan  jurnal  komunikasi,  semiotika,  juga  beberapa  artikel  terpercaya  mengenai ulasan film Moonlight di media online. Dari hal tersebut, diambil teori semiotika, yang didefinisikan sebagai hubungan diantara tanda, benda dan arti. Khususnya teori semiotika oleh Roland Barthes. Dimana teori dari Barthes terdapat 3 tahapan dimana tanda dapat bekerja, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos.
Berdasarkan analisis penelitian yang menggunakan teori Roland Barthes, dapat disimpulkan  bahwa  representasi  perilaku  homoseksual  dalam  film  Moonlight, yaitu seorang homoseksual bingung akan jati dirinya ketika dalam masa pertumbuhan, dan emosi yang tidak stabil karena perilaku yang tidak menyenangkan dari lingkungannya. Dalam ilmu komunikasi, film ini lebih menitikberatkan message dari unsur SMCR dalam sebuah komunikasi massa.


Kata Kunci: Semiotika, Film, Homoseksual, Representasi, Roland Barthes,

 

×
Penulis Utama : Sendi Purwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215051
Tahun : 2017
Judul : Representasi Perilaku Homoseksual pada Film Moonlight (Analisis Semiotika dalam Film Moonlight Arahan Sutradara Berry Jenkins)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1215051-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ignatius Agung Satyawan, SE., S.Ikom., M.Si, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.