Penulis Utama : Novian Dwi Puspitasari
NIM / NIP : K8412059
×

ABSTRAK

Karakter tanggung jawab sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa mengingat pada saat ini Negara kita Indonesia sedang mengalami masalah akibat penurunan moral siswa. Fenomena ini mengakibatkan sejumlah ekses negatif yang merisaukan masyarakat. Ekses tersebut antara lain semakin maraknya penyimpangan berbagai nilai dan norma kehidupan agama dan sosial kemasyarakatan yang terwujud dalam bentuk perlakuan siswa yang kurang hormat kepada guru dan staf sekolah, kurang disiplin dan tidak taat pada peraturan sekolah, perkelahian antar pelajar, anarkisme dalam demonstrasi oleh pelajarserta tingginyasifatsertasikapmemprioritaskandirinyasendiriyang dapatmempengaruhipelaksanaan program pendidikankarakterdi sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1)Mengetahuiapasajabentuknilaipendidikankaraktertanggungjawabsiswa OSIS (OrganisasiSiswa Intra Sekolah), Pramuka (PrajaMuda Karana) danRohis (Rohani Islam)  di SMA Negeri 1 Nogosari, (2) Menjelaskan bagaimanaupayapembinakelompokorganisasitersebut dalammenanamkannilaipendidikankaraktertanggungjawabsiswa di SMA Negeri 1 Nogosari.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, pengecekan keabsahan data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori konstruksi sosial dari Bergerian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Bentuknilaipendidikankaraktertanggungjawabsiswayaknitanggungjawabsebagaisiswa,sebagaianggotakelompokorganisasi, sebagaianakdansebagaimasyarakat yang dapat dilihat dari sikap maupun perilaku siswa yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Upayapembinakelompokorganisasitersebut dalammenanamkannilaipendidikankaraktertanggungjawabsiswa di SMA Negeri 1 Nogosari yakni melaluiberbagaimacamkegiatankesiswaanseperti LDK, pembinaanpenulisan proposal danlaporan, evaluasi, pemberian penghargaan dan hukuman bagi siswa.
Sumbangan penelitian ini sebagaipedomanbagianggotaorganisasidanpembinakelompokorganisasi dalam membangun pendidikan karakter tanggung jawab siswa.

Kata Kunci :pendidikankarakter, tanggungjawab, kelompoksosial, konstruksi sosial

 

×
Penulis Utama : Novian Dwi Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412059
Tahun : 2019
Judul : OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), Pramuka (Praja Muda Karana) dan Rohis (Rohani Islam) dalam membangun pendidikan karakter tanggung jawab siswadi SMA Negeri 1 Nogosari
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8412059-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. rer. nat. Nurhadi, S.Ant., M.Hum.
2. Okta Hadi Nurcahyono, S.Pd., M.Si.,MA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.