Penulis Utama : Eva Putriningrum
NIM / NIP : S021408025
×

ABSTRAK
Latar Belakang: Cakupan ASI eksklusif di wilayah Puskesmas Kalibawang Kabupaten Kulon Progo diperoleh data sebesar 69,8% pada tahun 2015 dengan jumlah ibu menyusui sebanyak 688 orang, yang mengindikasikan bahwa penerapan ASI eksklusif belum sesuai target Kementerian Kesehatan Nasional yaitu sebesar 80%. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kegagalan pemberian ASI eksklusif adalah kesibukan ibu bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen laktasi yang dilakukan ibu menyusui yang bekerja.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di empat Posyandu yang ada di Kecamatan Kalibawang pada bulan Juli – September 2016. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 12 orang ibu menyusui bekerja dan 4 orang bidan yang berasal dari empat Posyandu di Kecamatan Kalibawang. Variabel yang digunakan yaitu manajemen laktasi pada ibu menyusui yang bekerja. Data dikumpulkan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen, dengan analisis data menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman.
Hasil Penelitian: Pelaksanaan sosialisasi manajemen laktasi sudah dilakukan dengan baik oleh Bidan Puskesmas Kalibawang. Pengetahuan ibu menyusui tentang manajemen laktasi pada ibu bekerja cukup baik. Hambatan sosialisasi manajemen laktasi yaitu masih kurangnya kesadaran ibu-ibu terhadap praktik manajemen laktasi karena kurangnya dukungan dari keluarga, sedangkan hambatan yang dialami ibu bekerja dalam melakukan manajemen laktasi adalah kurangnya kesempatan memerah dan tidak tersedianya fasilitas di tempat kerja, serta adanya sindrom ASI kurang.
Kesimpulan: Pelaksanaan manajemen laktasi pada ibu bekerja dipengaruhi faktor motivasi dan dukungan keluarga. Ibu-ibu perlu ditingkatkan lagi motivasinya untuk datang ke pertemuan yang diadakan oleh pihak Puskesmas agar pengetahuan tentang manajemen laktasi dapat lebih baik lagi sehingga cakupan ASI eksklusif dapat sesuai target Kementerian Kesehatan Nasional.
Kata kunci: manajemen laktasi, ASI eksklusif, ibu bekerja

 

×
Penulis Utama : Eva Putriningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021408025
Tahun : 2016
Judul : Manajemen laktasi pemberian asi eksklusif: Studi kualitatif pada ibu bekerja di Kecamatan Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana, Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat- S021408025-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Hermanu Joebagio, Dr, M.Pd
2. Dr. Eti Poncorini P., dr. M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.