Penulis Utama : Seindy Arya Kusuma Timoer
NIM / NIP : S021408058
×

Abstrak

Latar belakang : Terapi Rumatan Metadon merupakan terapi substitusi sebagai pendekatan harm reduction atau pengurangan dampak buruk penularan HIV/AIDS melalui narkoba suntik. Dalam tercapainya keberhasilan terapi maka kepatuhan terapi merupakan hal yang sangat penting. Health Belief Model (HBM) merupakan model untuk menjelaskan perubahan perilaku kesehatan. Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi kepatuhan terapi rumatan metadon dengan menggunakan pendekatan Health Belief Model di klinik Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM) Puskesmas Manahan Surakarta.
Subyek dan metode : Penelitian ini dilakukan di klinik Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM) Puskesmas Manahan Surakarta. Berjenis deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik sampling menggunakan snowboll sampling, dengan informan utama adalah pasien di klinik Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM) Puskesmas Manahan Surakarta. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi tidak langsung dan analisis dokumen. Validitas data meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi teori dan triangulasi peneliti. Analisis data menggunakan model analisis perjodohan pola, yaitu reduksi data, sajian data dan analisi data yang membentuk sebuah pola yang dapat mengungkap keterkaitannya dengan Health Belief Model (HBM) dan kepatuhan terapi.
Hasil : Beberapa faktor yang melatarbelakangi pasien menggunakan Narkoba meliputi latar belakang keluarga, lingkungan pergaulan dan faktor pengetahuan. Faktor yang melatarbelakangi pasien patuh mengikuti terapi antara lain mereka termasuk dalam kelompok resiko tinggi penularan HIV/AIDS (perceived susceptibility); keseriusan mengenai penyakit HIV/AIDS (perceived seriousness); meningkatnya kualitas hidup (perceived benefit); efek samping metadon yang lebih parah dari penggunaan Narkoba suntik (perceived barrier); keluarga dan LSM sebagai pendorong untuk mengikuti PTRM (cues to action) yang merupakan instrumen dari Health Belief Model (HBM). Faktor pasien PTRM untuk tidak patuh dalam mengikuti terapi rumatan metadon antara lain pasien masih menggunakan Narkoba, keberatan dengan retribusi pada Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM), dan jenuh dengan lama terapi.
Kesimpulan : Faktor kepatuhan terapi rumatan metadon meliputi persepsi kerentanan, persepsi keseriusan, manfaat, hambatan dan faktor pencetus tindakan. Faktor kepatuhan terapi rumatan metadon meliputi pasien masih menggunakan Narkoba, keberatan dengan retribusi pada Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM), dan jenuh dengan lama terapi.

Kata Kunci : Pengguna Narkoba Suntik (Pensun), Human Immunodeficiency Virus/ Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS), Pengurangan Dampak Buruk (Harm Reduction), Health Belief Model (HBM), Kepatuhan Terapi, Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM)

×
Penulis Utama : Seindy Arya Kusuma Timoer
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021408058
Tahun : 2016
Judul : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Terapi Rumatan Metadon dengan Menggunakan Health Belief Model
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Minat Epidemiologi dan Biostatistik-S021408058-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bhisma Murti, dr, MPH, M.Sc, Ph.D.
2. Prof. Dr. RB. Soemanto. MA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.