Penulis Utama : Selna Adesetiani
NIM / NIP : D1214068
×

Abstrak

Penelitian berawal dari kedekatan penulis dengan beberapa teman sesama mahasisiwi di Universitas sebelas maret yang mempunyai kecenderungan perilaku merokok. Hal inilah yang menjadi ketertarikan penulis untuk mengetahui kesan seperti apa yang ingin ditampilkan atau dibentuk oleh mahasisiwi perokok S-1 Non Reguler Ilmu Komunikasi UNS 2015.
    Penelitian ini menggunakan teori dramaturgi atau manajemen kesan untuk mengetahui kesan yang ditampilkan informan sebagai perokok atau bukan perokok dalam membangun hubungan interpersonal di lingkungan sosialnya. Penulis membagi lingkungan sosial menjadi 4 lingkungan yaitu lingkungan kampus, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan pertemanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif  dan data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (Data yang bersifat tanpa angka).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Studi kasus eksploratif digunakan untuk melacak peristiwa-peristiwa yang bersangkutan yang tidak dapat dimanipulasi dengan melakukan observasi dan wawancara secara mendalam. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisisi studi kasus Yin. K Robert. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Mahasisiwi S1 Non-Reguler Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Surakarta 2015 yang merupakan  perokok aktif untuk dianalisis mengenai konstruksi identitas diri mereka saat berada di lingkungan sosial yang berbeda-beda.
Berdasarkan hasil penelitian, para informan yang merupakan mahasiswi perokok melakukan manajemen kesan untuk tujuan-tujuan tertentu seperti untuk dapat diterima, terhindar dari masalah, atau dapat dipercaya. Hal ini juga yang dilakukan oleh para mahasisiwi perokokok S-1 Non Reguler Ilmu Komunikasi UNS 2015 dengan menampilkan kesan berbeda di setiap lingkungan sosial mereka. Mahasisiwi perokok melakukan manajemen kesan bukan hanya berdasarkan lingkungan sosial yang sedang dihadapi tetapi juga orang-orang yang akan dihadapi, mereka bisa menampilkan 2 kesan berbeda di lingkungan yang sama tergantung kelompok orang yang sedang dihadapi. Hal inilah yang membuat manajemen kesan yang dilakukan oleh ke empat informan sebagian besar gagal dan tidak mencapai effect yang diharapkan.

Kata Kunci : Manajemen Kesan,  Mahasiswi Perokok, Hubungan Interpersonal, Lingkungan Sosial

×
Penulis Utama : Selna Adesetiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214068
Tahun : 2016
Judul : Konstruksi Identitas Diri Mahasiswi Perokok dalam Membangun Hubungan dengan Lingkungan Sosial (Studi Kasus pada Mahasisiwi Perokok S-1 Non Reguler Ilmu Komunikasi Angkatan 2015 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1214068-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo S.Sos, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.