Penulis Utama : Dian Kusumawardani
NIM / NIP : S021502016
×

Latar Belakang: RSUD Batang merupakan salah satu rumah sakit rujukan ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) berperan untuk memberikan pelayanan kesehatan HIV kepada ODHA dan masyarakat sekitarnya, baik pelayanan rawat jalan maupun rawat inap. Pelaksanaan peran RSUD Batang sebagai rumah sakit rujukan ODHA tidak terlepas dari kerjasama dengan manajer kasus HIV untuk memberikan pelayanan yang komprehensif kepada ODHA, melaksanakan pelayanan kesehatan VCT (Voluntary Counselling and Test) mobile, dan membina KDS (Kelompok Dukungan Sebaya). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kesehatan ODHA dalam pencegahan penularan HIV/AIDS
Metode penelitian: penelitian kualitatif dengan metode purposive sampling, pendekatan yang digunakan adalah fenomenologi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam pada ODHA, perawat VCT, dan manajer kasus HIV.
Hasil: RSUD Batang sudah menyediakan pelayaan kesehatan HIV berupa klinik VCT, layanan VCT mobile, PICT (Provider Initiative Counselling and Test), PMTCT (Preventive Mother to Child Transmission). Namun pelaksanaan PMTCT untuk ibu bersalin dengan HIV/AIDS masih dirujuk ke RSUP dr. Karyadi Semarang. Kerjasama RSUD Batang dan manajer kasus HIV dalam pelaksanaan VCT mobile terlihat dalam pembagian peran manajer kasus HIV untuk melakukan sosialisasi, dan tim VCT mobile melaksanakan peran sebagai pemberi layanan medis. Selain itu, tim VCT-CST RSUD Batang masuk sebagai penasehat dalam struktur organisasi KDS dan manajer kasus HIV sebagai pembina, penanggungjawab dan koordinator lapangan KDS. ODHA sudah berperan serta dalam pencegahan penularan HIV/AIDS dengan penggunaan kondom saat berhubungan seksual dengan pasangan yang berstatus negatif HIV dan berkomitmen untuk tidak menularkan infeksi HIV kepada orang lain.
Kesimpulan: RSUD Batang dan manajer kasus HIV memiliki peran masing- masing dalam pemberian pelayanan kesehatan ODHA, yaitu sebagai pemberi layanan medis dan sosial. Pembinaan KDS dilakukan dengan pemberian pendampingan dan menekankan untuk menjaga kualitas hidup walau sudah terinfeksi HIV. ODHA sudah turut serta dalam pencegahan penularan HIV/AIDS dengan menggunakan kondom dan berperan dalam program PMTCT.

Kata kunci: Pelayanan Kesehatan ODHA, KDS, Perilaku Kesehatan ODHA, Kelompok Dukungan Sebaya

×
Penulis Utama : Dian Kusumawardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021502016
Tahun : 2016
Judul : Peran Rsud Batang, Manajer Kasus Hiv, Odha Dan Pasangan, Serta Kds Dalam Pencegahan Penularan Hiv/Aids
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana- Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat- S021502016-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Uki Retno Budihastuti, dr. Sp.OG (K)
2. Dr. Mahendra Wijaya, MS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.