Penulis Utama : Ana Tri Stetiyawati
NIM / NIP : C0112004
×

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah guritan merupakan media ekspresi jiwa ekspresi penyair. Guritan karya Widodo Basuki mengungkap nilai budaya lokal yang sejatinya menarik dikaji. Penelitian terhadap sepuluh guritan karya Widodo Basuki ini didasari oleh pertimbangan bahwa Widodo Basuki merupakan pengarang yang produktif menghasilkan karya, ini terbukti diterbitkanya antologi guritan Medhitasi Alang-Alang.
Masalah yang dibahas dalam penelitianini, yaitu (1) Bagaimanakah struktur yang membangun  sepuluh guritan Medhitasi Alang-Alang karya Widodo Basuki berdasarkan teori semiotika Michael Riffaterre? (2) Bagaimanakah makna sepuluh guritan dalam guritan Medhitasi Alang-Alang karya Widodo Basuki sesuai teori semiotika Michael Riffaterre? (3) Bagaimanakah bentuk nilai budaya Jawa beserta relevansinya dalam guritan Medhitasi Alang-Alang karya Widodo Basuki?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan struktur yang membangun sepuluh guritan dalam guritan Medhitasi Alang-Alang karya Widodo Basuki dengan menggunakan teori semiotika Michael Riffaterre; (2) Mendeskripsikan makna sepuluh guritan dalam guritan Medhitasi Alang-Alang karya Widodo Basuki; (3) Mendeskripsikan bentuk nilai budaya Jawa beserta relevansinya dalam guritan Medhitasi Alang-Alang karya Widodo Basuki.
Bentuk penelitian ini merupakan penelitian sastra dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sepuluh guritan dalam antologi guritan Medhitasi Alang-Alang karya Widodo Basuki. Data dalam penelitian ini berupa teks sepuluh guritan dalam antologi guritan Medhitasi Alang-Alang karya Widodo Basuki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis, wawancara, dan studi pustaka. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori semiotika Michael Riffaterre.
Hasil  analisis  dari  penelitian  ini  yaitu  :  (1)  secara  keseluruhan  sepuluh guritan dalam antologi gurtan Medhitasi Alang-Alang karya Widodo Basuki menunjukan adanya hubungan antarunsur yang saling berkaitan berdasarkan teori Michael Riffaterre; (2) makna yang ditemukan dalam guritan adalah macam budaya lokal yang memiliki unsur ekonomi, tradisi, religi, dan matapencaharian (3) bentuk nilai budaya Jawa meliputi tradisi, kebiasaan dan pola pikir beserta relevansinya.

Kata Kunci : Guritan, Nilai Budaya Jawa, Semiotika Michael Riffaterre

×
Penulis Utama : Ana Tri Stetiyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112004
Tahun : 2016
Judul : Nilai Budaya Jawa dalam Guritan Medhitasi Alang-Alang Karya Widodo Basuki (Suatu Tinjauan Semiotika)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C0112004-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sundari, M.Hum.
2. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.