Penulis Utama : Fajar Prasetyoningrum
NIM / NIP : S641208004
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh luas lahan jagung terhadap pendapatan rumah tangga petani jagung di Kabupaten Grobogan, menganalisis pengaruh tingkat pendidikan kepala keluarga terhadap terhadap pendapatan  rumah tangga petani jagung di Kabupaten Grobogan, menganalisis pengaruh jumlah anggota keluarga terhadap pendapatan  rumah tangga petani jagung di Kabupaten Grobogan, menganalisis pengaruh pengeluaran pangan dan non pangan terhadap pendapatan  rumah tangga petani jagung di Kabupaten Grobogan.
Lokasi penelitian diambil secara sengaja, yaitu di Kabupaten Grobogan. Kabupaten Grobogan dipilih karena memiliki luas panen jagung terluas di Provinsi Jawa Tengah.  Jumlah populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah 150 rumah tangga petani jagung yang tersebar di beberapa wilayah di grobogan. Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Sampel penelitian ini adalah petani jagung, jumlah sampel yang diambil adalah 60 petani jagung di daerah grobogan.
Hasil Penelitian rumah tangga petani jagung di Kabupaten Grobogan berpengaruh pada tingkat pendidikan kepala keluarga terhadap pendapatan rumah tangga petani jagung di Kabupaten Grobogan adalah pengaruh tingkat pendidikan suami pada tingkat pendapatan rumah tangga memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan. Pengaruh pengeluaran pangan dan non pangan terhadap pendapatan rumah tangga petani jagung di Kabupaten Grobogan adalah  pengeluaran pangan memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan pada tingkat pendapatan rumah tangga dan pengeluaran non pangan memiliki pengaruh negatif signifikan pada tingkat pendapatan rumah tangga. Hasil perhitungan proporsi konsumsi pangan dan proporsi konsumsi non pangan menunjukkan bahwa rata-rata total pengeluaran per petani per bulan di Kabupaten Grobogan untuk rata-rata pengeluaran pangan adalah sebesar Rp. 1.023.611 sedangkan pengeluaran nonpangan adalah sebesar Rp. 2.619.552.

×
Penulis Utama : Fajar Prasetyoningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S641208004
Tahun : 2016
Judul : Analisis Pola Konsumsi Rumah Tangga Petani Jagung di Kabupaten Grobogan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Agribisnis-S641208004-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, MS.
2. Dr. Ir. Sri Marwanti, MS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.