Penulis Utama : Endra Dwi Purnomo
NIM / NIP : I1414019
×

Abstrak

Penelitian dilakukan untuk menganalisa karakteristik perpindahan panas dan faktor   gesekan   pada   penukar   kalor   pipa   konsentrik   dengan   penambahan trapezoidal  cut twisted  tape  insert  (TTT).  Seksi uji adalah  penukar  kalor  pipa konsentrik satu laluan dengan pipa dalam dan pipa luar terbuat dari aluminium. Dimensi pipa dalam 15,84 mm (od) dan 14,34  mm (id). Aliran fluida kerja pada pipa dalam dan annulus adalah berlawanan arah. Fluida kerja di pipa dalam adalah air panas dengan temperatur masukan dipertahankan pada ±60 oC, sedangkan di annulus  adalah air dingin pada suhu ruang. Sisipan TTT dibandingkan  dengan classical twisted tape insert (CTT) dan plaintube. Twist ratio (H/d) TTT dan CTT berturut-turut 2,7, 4,5 dan 6,5. Bahan sisipan terbuat dari aluminium strip dengan tebal 0,76 mm  dan lebar 12,61 mm. TTT dan CTT dipasang di pipa dalam dari penukar kalor pipa konsentrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan TTT di pipa dalam meningkatkan  bilangan  Nusselt rata-rata berturut-turut  86,4 % dan 64,2 % dan 45,7 ?ri pipa dalam tanpa sisipan (plain tube). Penambahan TTT di pipa dalam meningkatkan faktor gesekan rata-rata berturut-turut 2,72, 2,30 dan 1,78 kali dari plain tube. Nilai unjuk kerja termal rata-rata pipa dalam dengan penambahan TTT berturut-turut  adalah  1,33,  1,19  dan  1,11.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  TTT sebagai turbulator mempunyai peforma peningkatan perpindahan panas yang baik pada pipa penukar kalor pipa konsentrik pada daya pemompaan yang sama.

Kata Kunci : bilangan Nusselt, bilangan Reynolds,  faktor gesekan, trapezoidal cut twisted tape insert

×
Penulis Utama : Endra Dwi Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1414019
Tahun : 2017
Judul : Studi Eksperimental Pengaruh Twist Ratio terhadap Karakteristik Perpindahan Panas pada Penukar Kalor Pipa Konsentrik dengan Trapezoidal-Cut Twisted Tape Insert
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Mesin Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Jur. Teknik Mesin-I1414019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Indri Yaningsih, S.T.,M.T.
2. Prof. Agung Tri Wijayanta, M.Eng., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.