Penulis Utama : Hilda Rahmawati
NIM / NIP : K4312030
×

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi,  serta  refleksi.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  writing skills peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas XI MIPA 4 Surakarta melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL).
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 7
Surakarta dengan jumlah 31 peserta didik yang terdiri dari 17 laki-laki dan 14 perempuan.  Data  penelitian  berupa  tulisan  peserta  didik  yang  dikumpulkan melalui  dokumentasi,  observasi  dan  wawancara.  Intrumen  penelitian menggunakan rubrik penilaian tulisan menurut Mclean, et al. (2012), meliputi penilaian terhadap aspek konten dan konteks tulisan. Validitas data dilakukan menggunakan  teknik  triangulasi  metode.  Teknik  analisis  data  adalah  teknik analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari 3 kegiatan, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral.
Hasil observasi prasiklus menunjukkan bahwa selama kegiatan pembelajaran biologi dihasilkan 11 tulisan untuk 11 orang dari 30 peserta didik di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 7 Surakarta, berupa tulisan catatan harian. Hasil analisis kualitas tulisan peserta didik yaitu 100% pada level 0, karena tulisan catatan  harian  tidak  dapat  dianalisis  kualitasnya,  dengan  demikian  analisis terhadap kualitas tulisan peserta didik rendah. Kualitas tulisan peserta didik yang rendah diharapkan meningkat melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Target capaian kualitas tulisan adalah satu tingkatan kualitas konten dan konteks tulisan.

Kata Kunci : konten  tulisan, konteks tulisan, Problem Based Learning

×
Penulis Utama : Hilda Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4312030
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Writing Skills Peserta Didik melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi di Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 7 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Biologi-K4312030-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Widoretno, M.Si.
2. Dewi Puspita Sari, S.Pd., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.