Penulis Utama : Anindita Hasna Intan Pramono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013029
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Kombinasi Ekstrak Bawang Putih (Allium Sativum) dan Minyak Zaitun (Olea Europaea) terhadap Kadar Kolesterol Darah pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus) yang Diinduksi Pakan Hiperkolesterol
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0013029-2016
Subyek : KOLESTEROL DARAH, EKSTRAK BAWANG PUTIH, MINYAK ZAITUN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Latar Belakang : Hiperlipidemia merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskuler yang menyebabkan 56% penyakit jantung iskemik. Meningkatnya prevalensi penyakit degeneratif meningkatkan tren masyarakat untuk mencari pengobatan yang lebih murah dan lebih mudah didapat, seperti ekstrak bawang putih (Allium sativum) dan minyak zaitun (Ollea euopaea). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi ekstrak bawang putih dan minyak zaitun terhadap penurunan kadar kolesterol darah.

Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat eksperimental dengan pretest and posttest controlled group design, dilakukan di Laboratorium Farmakologi Universitas Setia Budi Surakarta. Subjek penelitian adalah tikus putih jantan 30 ekor, umur 3 bulan, berat badan kurang lebih 200 gram, yang dibagi menjadi 5 kelompok secara acak. Semua kelompok diberi pakan hiperkolesterolemik 14 hari sebelum pretest dan 28 hari selama masa perlakuan. Kelompok I sebagai kontrol negatif tidak diberi perlakuan. Kelompok II sebagai kontrol positif diberi simvastatin per oral, kelompok III, IV dan V diberi ekstrak bawang putih dosis berturut-turut 0,08 g, 0,16 g, dan 0,24 g serta minyak zaitun dosis 0,45 ml. Karena data tidak berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji Kruskal Wallis, Mann-Whitney dan Wilcoxon.

Hasil : Didapatkan penurunan kolesterol total (p = 0,015) dan LDL (p = 0,014) yang signifikan setelah dan sebelum perlakuan pada tiap kelompok perlakuan. Pada kelompok II, III, dan IV terjadi penurunan kadar kolesterol total darah yang berbeda secara signifikan (p = 0,009) dengan kelompok kontrol negatif. Penurunan yang signifikan (p = 0,009) antara kadar LDL dengan kelompok negatif hanya terlihat pada kelompok III (33,56 mg/dl).

Simpulan : pemberian ekstrak bawang putih (Allium sativum) dan minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol darah tikus putih (Rattus norvegicus) yang tidak berbeda secara signifikan dengan simvastatin dosis terapi.

Kata Kunci : kolesterol darah, ekstrak bawang putih, minyak zaitun

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endang Ediningsih, dr.,M.Kes.
2. Siti Marufah, M.Sc., Apt.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran