Penulis Utama : Ivander Kent Kurniawan
NIM / NIP : G0013123
×

Abstrak

Latar Belakang: Mahasiswa baru yang tinggal indekos membutuhkan kemampuan penyesuaian diri yang baik. Sedangkan, masa transisi yang dialami mahasiswa baru saat masuk kuliah dapat menyebabkan depresi dan stres. Kedua hal tersebut telah diketahui dapat mempengaruhi kualitas hidup secara negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan penyesuaian diri dan kualitas hidup pada mahasiswa baru Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) yang tinggal indekos.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan metode cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Dokter FK UNS pada September 2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Variabel terikat adalah kualitas hidup, sedangkan variabel bebas adalah kemampuan penyesuaian diri. Data diperoleh dari kuesioner penyesuaian diri terhadap universitas (SACQ) dan kuesioner kualitas hidup WHOQOL-BREF. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS for windows 20.0 dan dianalisis dengan uji Korelasi Pearson.

Hasil Penelitian: Sebanyak 144 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dari total sampel 210 mahasiswa baru, dengan rincian 100 mahasiswi dan 44 mahasiswa. Terdapat hubungan yang positif dan bermakna antara kemampuan penyesuaian diri terhadap kualitas hidup mahasiswa baru Pendidikan Dokter FK UNS yang tinggal indekos (p < 0 xss=removed>

Simpulan Penelitian: Terdapat hubungan yang positif dan bermakna antara kemampuan penyesuaian diri terhadap kualitas hidup mahasiswa baru Pendidikan Dokter FK UNS yang tinggal indekos.

Kata Kunci : Kemampuan penyesuaian diri, kualitas hidup, mahasiswa baru

×
Penulis Utama : Ivander Kent Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013123
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Kemampuan Penyesuaian Diri terhadap Kualitas Hidup pada Mahasiswa Baru Pendidikan Dokter FK UNS yang Tinggal Indekos
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0013123-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mohammad Fanani, dr., Sp.KJ(K).
2. Rohmaningtyas HS, dr., Sp.KJ, M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.