Penulis Utama : Gyanita Windy Herfina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013104
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Angka Kejadian Dry Eye Syndrome pada Wanita Usia Subur dan Wanita Menopause di Kecamatan Jebres Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0013104-2016
Subyek : MATA KERING, WANITA USIA SUBUR, MENOPAUSE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Pendahuluan: Sindrom mata kering lebih banyak dijumpai pada wanita dan prevalensinya meningkat dengan bertambahnya usia. Perubahan hormon yang terjadi sebelum dan sesudah menopause merupakan faktor risiko sindrom mata kering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan angka kejadian sindrom mata kering pada wanita usia subur dan wanita menopause di Kecamatan Jebres Surakarta.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain studi epidemiologi analitik dengan metode cross sectional yang dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2016 di Kecamatan Jebres Surakarta. Sampel penelitian ini adalah 63 wanita usia subur berusia 18-24 tahun dan 67 wanita menopause berusia 50-84 tahun di Kecamatan Jebres yang dicuplik dengan teknik purposive sampling. Diagnosis sindrom mata kering menggunakan kuesioner OSDI dan status menstruasi diketahui dari formulir biodata. Data hasil penelitian dilakukan uji Chi Square.

Hasil Penelitian: Jumlah wanita usia subur menderita sindrom mata kering adalah 61,9%. Sedangkan wanita menopause yang menderita sindrom mata kering adalah 62,7%. Pada analisis data didapatkan p = 0,927.

Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan angka kejadian sindrom mata kering yang signifikan pada wanita usia subur dan wanita menopause di Kecamatan Jebres Surakarta.

Kata Kunci : mata kering, wanita usia subur, menopause

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kusmadewi Eka Damayanti, dr., M.Gizi.
2. Enny S.H, M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran