Penulis Utama : Gresia Rahmawati
NIM / NIP : H0812075
×

Abstrak

Menurut Kotler et al (2000)   bahwa perusahaan-perusahaan masa kini berusaha untuk sekuat tenaga mempertahankan pelanggannya. Tidak terkecuali pada pelaku bisnis yang bergerak di bidang pembenihan/pembibitan yang terjadi saat ini. Banyaknya jumlah penangkar berdampak pada ketatnya persaingan bisnis antar penangkar benih padi di Solo Raya. Hal ini terjadi karena adanya kesamaan jenis produk dan standar kualitas produk yang diproduksi setiap penangkar menyebabkan setiap penangkar  berlomba – lomba dalam memasarkan produknya kepada petani. Tidak terkecuali PP Kerja yang merupakan salah satu pelaku penangkar  benih  padi  yang  berada  di  wilayah  Soloraya.  Guna  menyikapi fenomena persaingan bisnis perbenihan yang terjadi saat ini, PP Kerja harus mampu membentuk strategi yang tepat. Salah satunya melalui pemahaman yang benar dari PP Kerja kepada petani melalui kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan PP Kerja. Adanya pemahaman yang benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan petani akan terbentuk hubungan yang baik antara PP Kerja dan petani. Hubungan ini akan mengantarkan PP Kerja mendapatkan sikap loyal dari petani sebagai konsumen produk PP Kerja.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PP Kerja.  (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen PP Kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research.  Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive dan pengambilan sampel dilakukan secara Convenience Sampling dengan jumlah responden 50 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Path Analysis (Analisis Jalur).
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa   (1) Variabel kualitas produk (X1), harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3)   secara simultan berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen PP Kerja(Y1). Besarnya pengaruh setiap variabel adalah 0,339; 0,178 dan 0,543.(2) Variabel kualitas produk (X1), harga (X2), kualitas pelayanan (X3)   dan kepuasan konsumen (Y1) secara simultan berpengaruh terhadap variabel loyalitas konsumen (Y2). Namun melalui uji t, kualitas produk (X1) secara individu tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y2). Besarnya pengaruh untuk setiap variabel adalah -0,087; 0,222; 0,362 dan 0,442.
Dilihat dari hasil analisis kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang besar terhadap kepuasan konsumen sehingga kualitas pelayanan dapat dijadikan strategi utama dalam memberikan kepuasan konsumen. Peningkatan pelayanan dapat berupa selalu terpenuhinya kebutuhan dan keinginan petani terhadap benih padi oleh PP Kerja. Kondisi ini akan berdampay pada   dijadikannya PP Kerja sebagai perusahaan yang dapat diandalkan oleh petani. Tidak hanya itu, PP Kerja perlu  memperhatikan  kualitas  produk  dan  harga  produknya  sehingga  dapat menunjang   peningkatan   kepuasan   konsumen.   Peningkatan   tersebut   dapat dilakukan dengan selalu mempertahankan standar mutu benih padi dan melakukan evaluasi harga yang ditawarkan kepada petani. Kepuasan penting dalam menjadikan petani menjadi loyal terhadap  PP Kerja, sehingga kepusan petani harus selalu diutamakan. Kepuasan petani dapat tercapai dengan memperhatikan ketiga variabel eksogen  yang ada dalam penelitian ini  yaitu, kualitas  produk, harga dan kualiatas pelayanan. Ketiga variabel tersebut harus mampu memberikan kepuasan kepada petani.

×
Penulis Utama : Gresia Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0812075
Tahun : 2017
Judul : Loyalitas Petani dalam Melakukan Pembelian Benih Padi Produksi PP Kerja di Soloraya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agribisnis-H0812075-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Mohd. Harisudin, M.Si.
2. Hanifah Ihsaniyati, SP, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.