Penulis Utama : Suci Anggar Wati
NIM / NIP : K7113211
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia dalam meningkatkan pembelajaran IPS; (2) meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2016/2017; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus, pada siklus satu dan dua terdiri dari dua pertemuan, dan siklus tiga terdiri dari satu pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Panjer, dengan jumlah siswa 38. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. teknik pengumpulan data mengunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya yaitu: orientasi, merumuskan masalah dengan multimedia, menyusun hipotesis dengan multimedia, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan; (2) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 5 Panjer, hal tersebut terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 67,5 dengan persentase ketuntasan 57,5%, pada siklus II nilai rata-rata mencapai 83,5 dengan persentase ketuntasan 88%, dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 83 dengan persentase ketuntasan 95%; (3) kendala yang dihadapi pada penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing dengan multimedia yaitu siswa belum memberikan tanggapan dari pemaparan kelompok lain dan belum berani menjawab pertanyaan teman karena takut salah. Solusi untuk memperbaiki kendala tersebut yaitu memberikan motivasi serta penguatan yang maksimal kepada siswa untuk membangkitkan percaya diri dan membuat siswa berani menjawab pertanyaan teman.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 5 Panjer, Kebumen tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : inkuiri terbimbing, multimedia, pembelajaran, IPS

×
Penulis Utama : Suci Anggar Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113211
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Panjer Kebumen Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7113211-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti S., M.Pd.
2. Moh. Salimi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.