Penulis Utama : Nuz Chairul Mugrib
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S111708009
Tahun : 2020
Judul : Tindak tutur direktif dan kesantunan berbahasa pada komunikasi transportasi laut.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasaarjana Prodi Linguistik Minat Utama Linguistik Deskriptif-S111708009-2020
Subyek : TINDAK TUTUR DIREKTIF
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan jenis-jenis subtindak tutur direktif pada komunikasi transportasi laut, (2) mendeskripsikan wujud kesantunan berbahasa pada komunikasi transportasi laut, (3) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan tindak tutur direktif serta wujud kesantunan berbahasa pada komunikasi transportasi laut. 

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah kebahasaan berupa tuturan yang disampaikan oleh para petugas penyedia jasa transportasi laut dan juga sumber data tambahan berupa informasi tertulis yang terpasang di sejumlah area yang berkaitan dengan transportasi laut yaitu tempat penjualan tiket, pelabuhan dan kapal. Data dalam penelitian ini tuturan dari petugas penyedia jasa transportasi dan juga informasi tertulis yang mengandung tindak tutur direktif dan kesantunan berbahasa. Metode penyedian data yang digunakan adalah metode simak. Pada praktiknya, metode simak diwujudkan dengan teknik dasar yaitu teknik dasar dan teknik lanjutan yaitu teknik simak bebas libat cakap, rekam dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis cara-tujuan (means- end) dan analisis kontekstual. 

Dari hasil analisis data ditemukan 6 jenis tindak tutur direktif yaitu permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, pemberian izin, dan nasihat.  Dari 6 jenis tindak tutur direktif juga terdapat 14 subtindak tutur direktif yaitu meminta, memohon, mengajak, menekan, menyuruh, mengarahkan, mewajibkan, menginstruksikan, mensyaratkan membatasi, melarang, membolehkan, mengingatkan/memperingatkan dan menyarankan. 

Pada kesantunan berbahasa ditemukan kesantunan muka negatif dengan 8 strategi meliputi  (1) ungkapan secara tidak langsung sesuai konvensi (2) pernyataan berpagar, (3) kurangi daya ancaman, (4) Beri Penghormatan, (5) penggunaan impersonal penutur dan mitra tutur, (6) nyatakan tindakan mengancam wajah sebagai ketentuan sosial yang umum berlaku, (7) nominalkan pernyataan, dan (8) nyatakan secara jelas bahwa penutur sudah memberikan kebaikan atau tidak kepada mitra tutur.  Sementara itu, faktor yang mempengaruhi penggunan tindak tutur direktif meliputi penutur dan mitratutur komunikasi, konteks komunikasi dan tujuan komunikasi pada transportasi laut. sedangkan kesantunan berbahasa meliputi hubungan penutur dan mitra tutur, konteks komunikasi dan jenis tuturan komunikasi. 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S
2. Dr. Dwi Purnanto, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana