Penulis Utama : Aditya Dimas Wijaya
NIM / NIP : S351602002
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis hak milik atas tanah yayasan diatas namakan perorangan dan kedudukan hukum hak atas tanah milik yayasan yang tertulis atas nama perorangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Penelitian ini dilakukan di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar, Notaris-Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Kota Surakarta dan Yayasan di Kabupaten Karanganyar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Nama Persorangan dapat digunakan untuk mewakili yayasan dalam upaya memiliki sebidang tanah dengan status kepemilikan hak milik. Pada saat yayasan berdiri, pengurus yayasan bersepakat menggunakan nama perorangan untuk memperoleh hak milik atas tanah yang dipergunakan untuk keperluan-keperluan kegiatan yayasan. Kedua Kedudukan hukum hak milik tanah yayasan atas nama perseorangan tidak sesuai dengan hakikat dari didirikannya yayasan yang bergerak dalam bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan. Perlunya persetujuan para pihak terkait kebijakan untuk permasalahan yang berhubungan dengan status kepemilikan tanah yayasan atau pun perseorangan untuk menghindari tindakan yang tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang yayasan. Hak atas tanah kekayaan yayasan selanjutnya dipergunakan untuk kepentingan pengembangan yayasan yaitu dalam hal tujuan sosial, keagamaan dan kemanusiaan.

Kata Kunci: Hak Atas Tanah; Hak Milik; Yayasan

 

×
Penulis Utama : Aditya Dimas Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351602002
Tahun : 2017
Judul : Legalitas Penerbitan Sertifikat Tanah Yayasan Atas Nama Perorangan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana, Prodi. Magister Kenotariatan - S351602002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. M. Hudi Asrori, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.