Penulis Utama : Kodrat Eko Putro Setiawan
NIM / NIP : S841608013
×

ABSTRAK

Pemahaman makna pada puisi membutuhkan kecakapan tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan pembacaan heuristik  dalam  kumpulan  puisi  Playon  karya  F.  Aziz  Manna;  (2) mendeskripsikan dan menjelaskan pembacaan hermeneutik dalam kumpulan puisi Playon  karya  F.  Aziz  Manna;  (3)  mendeskripsikan  dan  menjelaskan  model, varian, dan matriks dalam kumpulan puisi Playon karya F. Aziz Manna; (4) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai pendidikan budi pekerti yang terkandung dalam kumpulan puisi Playon karya F. Aziz Manna; (5) mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi pengkajian semiotik kumpulan puisi Playon karya F. Aziz Manna sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif kualitatif fenomenologi yang mengkaji fenomena pada kumpulan puisi dengan pendekatan semiotik. Berdasarkan hal tersebut, data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat,  dan  paragraf.  Teknik  pengumpulan  data  dilakukan  dengan  teknik interaktif berupa wawancara dan teknik noninteraktif berupa pencatatan dokumen. Validitas data dengan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data berdasarkan model Bogdan dan Biklen  yang terdiri dari mengorganisasi data, memilah data, mensintesiskan, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
Kumpulan puisi Playon ini bertema tentang kehidupan masyarakat Jawa yang di dalamnya terdiri dari masa kecil, masa dewasa, masa tua dan kematian. Hal   tersebut   ditunjukkan  dengan   judul   kumpulan  puisi   ini,   Playon   yang merupakan  gabungan dari tiga kata yaitu Play (masa kecil), on (masa dewasa), dan  Layon  (masa  tua  dan  kematian).  Nilai  pendidikan  budi  pekerti  yang terkandung   dalam   kumpulan   puisi   Playon   adalah   menaati   ajaran   agama, tumbuhnya disiplin diri, mampu mengendalikan diri, saling menghormati, mampu berpikir positif, meyakini adanya Tuhan, memiliki rasa menghargai diri sendiri, mengembangkan etos kerja dan belajar, memiliki rasa tanggung jawab, memiliki dan mengembangkan sikap toleransi, kebersamaan dan gotong royong, mengembangkan potensi diri, menumbuhkan cinta dan kasih sayang, memiliki rasa kesetiakawanan, memiliki tata krama dan sopan santun, serta menumbuhkan kejujuran. Berdasarkan analisis dokumen yang berupa silabus Kurikulum 2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA, dan hasil wawancara dapat diketahui bahwa kumpulan puisi Playon Karya F. Aziz Manna relevan untuk materi ajar di SMA.

Kata Kunci : Semiotik, kumpulan puisi Playon, nilai pendidikan budi pekerti

 

×
Penulis Utama : Kodrat Eko Putro Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841608013
Tahun : 2017
Judul : Analisis Semiotik dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti Kumpulan Puisi Playon Karya F. Aziz Manna serta Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana, Prodi. Magister Pendidikan Bahasa Indonesia - S841608013-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.