Penulis Utama : Roy Raja Sukmanta Meliala
NIM / NIP : S841602036
×


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Diksi dalam antologi sastra anak karya Murti Bunanta. (2) Gaya bahasa dalam antologi sastra anak karya Murti Bunanta. (3) Citraan yang terkandung dalam antologi sastra anak karya Murti Bunanta. (4) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam antologi sastra anak karya Murti Bunanta. (5) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam antologi sastra anak karya Murti Bunanta dengan materi ajar sastra di tingkat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan kualitatif deksriptif. Sumber data penelitian berupa antologi sastra anak karya Murti Bunanta dan informan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, teknik simak, dan catat. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) keunikan pemilihan dan pemakaian diksi dalam antologi sastra anak karya Murti Bunanta berupa denotasi, konotatif, konkret, dan sapaan khas. Penggunaan diksi yang dominan digunakan pengarang dalam antologi sastra anak yaitu kata denotasi. Sementara, untuk diksi yang paling sedikit yaitu kata sapaan khas; (2) Pemakaian gaya bahasa dalam antologi sastra anak karya Murti Bunanta meliputi: asidenton, personifikasi, satire, sarkasme, antitesis, polisidenton, kontradiksi interminus, paralelisme, tautologi, repetisi, hiperbola, apofasis, interupsi, litotes, dan inversi. enggunaan gaya bahasa yang dominan digunakan oleh pengarang dalam antologi sastra anak dapat terlihat pada gaya bahasa asidenton. Sementara, untuk pemanfaatan gaya bahasa yang paling sedikit terlihat pada gaya bahasa satire, kontradiksi interminus, paralelisme, interupsi, dan litotes; (3) citraan yang terkandung dalam antologi sastra anak karya Murti Bunanta meliputi penglihatan, pendengaran, gerak, perabaan, dan pengecapan. Penggunaan citraan yang dominan digunakan oleh pengarang terlihat pada citraan penglihatan. Sementara, pengunaan citraan yang paling sedikit terlihat pada  citraan  pengecapan;  (4) Nilai-nilai  pendidikan karakter  yang terkandung dalam antologi sastra anak karya Murti Bunanta meliputi: cinta damai, demokratis, jujur, kerja keras, komunikatif, kreatif, mandiri, peduli sosial, rasa ingin tahu, religius, dan tanggung jawab. Penggunaan nilai pendidikan karakter yang dominan dapat terlihat pada nilai cinta damai, kerja keras, komunikatif, kreatif, dan rasa ingin tahu. Sementara itu, pemanfaatan nilai pendidikan karakter yang sedikit dapat terlihat pada nilai demokratis dan religius. (5) Ada relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam antologi sastra anak karya Murti Bunanta sebagai materi ajar sastra di tingkat Sekolah Dasar sarat dengan pesan yang sangat sasuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter.


Kata kunci: sastra anak, diksi, gaya bahasa, citraan, nilai pendidikan karakter

×
Penulis Utama : Roy Raja Sukmanta Meliala
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841602036
Tahun : 2017
Judul : Kajian Stilistika dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Antologi Sastra Anak Karya Murti Bunanta untuk Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana, Prodi. Magister Pendidikan Bahasa Indonesia - S841602036-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph. D.,
2. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.