Penulis Utama : Adinda Ariandayu
NIM / NIP : S351602001
×


ABSTRAK

Tujuan  penulisan  ini  mengkaji  pemenuhan  asas  terjangkau  dalam
komponen biaya pensertifikatan tanah dan dalam peraturan perundangan- undangan mengenai biaya pendaftaran tanah di Kabupaten Sukoharjo guna mempercepat pensertifikatan tanah.
Penelitian hukum ini menggunakan pendekatan perundang-undangan. Bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara studi pustaka.
Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan komponen pajak tanah di Kabupaten Sukoharjo belum memenuhi asas terjangkau, baik itu dilakukan sendiri oleh orang pribadi pemohon maupun melalui PPAT dan peraturan perundang- undangan yang mengatur mengenai pendaftaran tanah yang sudah memenuhi asas terjangkau, namun pada pelaksanaan pendaftaran tanah tidak memenuhi asas terjangkau. Hal ini mengakibatkan sulitnya terwujud asas terjangkau pendaftaran
tanah.
Hal ini berimplikasi pada jika pelaksanaan pendaftaran tanah di Kabupaten Sukoharjo tidak memenuhi asas terjangkau maka minat masyarakat untuk mendaftarkan tanahnya akan semakin menurun dan tidak adanya kepastian antara peraturan dan pelaksanaannya, sehingga tidak mencerminkan sistem hukum yang baik.
Seyogyanya dalam pelaksanaan kegiatan pendaftaran tanah di masa yang akan datang dapat memenuhi asas terjangkau secara menyeluruh dan seyogyanya ada peraturan pemerintah daerah mengenai pajak tanah dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan pendaftaran tanah.
Kata kunci : Asas Terjangkau, Pensertifikatan Tanah, Pajak Tanah.

×
Penulis Utama : Adinda Ariandayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351602001
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Asas Terjangkau Pendaftaran Tanah di Kabupaten Sukoharjo untuk Mempercepat Pensertifikatan Tanah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana, Prodi. Magister Kenotariatan - S351602001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lego Karjoko, SH., MH,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.