Penulis Utama : Santika Novita Sari
NIM / NIP : D1115036
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Akuntabilitas Pelaksanaan Progam Jaminan Kesehatan Melalui Kartu Saraswati di Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Sragen yang didasarkan pada 3 ukuran penilaian indikator keberhasilan program secara akuntabel yang dikemukakan oleh Mark Boven yaitu Responsivitas, Responsibilitas, dan Transparansi.
Model penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Sumber data dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu data primer dan data sekunder. Uji validitas data dengan triagulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akuntabilitas pelakasanaan progam jaminan kesehatan melalui kartu saraswati di Kabupaten Sragen sudah akuntabel. Hal tersebut dapat dilihat dari 3 ukuran penilaian indikator yang digunakan untuk mengukur Akuntabilitas Progam, yaitu : 1) Responsivitas, pelayanan telah dijalankan oleh pegawai UPTPK dengan baik, pertanggungjawaban birokrasi publik terhadap pemenuhan kebutuhan-kebutuhan yang diinginkan warga dan terbukanya kesempatan rakyat untuk mengajukan tanggapan dan kritik keluhan serta  mudahnya  informasi  dan  tanggapan  dari  petugas,  kekurangan  jumlah personil namun tidak menjadikan kendala dalam memberikan kepuasan pelayanan terhadap masyarakat miskin. maka dapat dikatakan bahwa pegawai dinilai sudah responsif. 2) Responsibilitas, pelaksanaan progam jaminan kesehatan melalui kartu saraswati sudah berkenaan dengan standart profesional dan kompeten dalam menjalankan tugasnya dengan baik. Hal itu bisa dilihat dari dokumen kepastian hukum, dan dari pegawai yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan kartu saraswati dan cara pegawai menangani keluhan sesuai kebijakan yang sudah ditentukan serta tidak adanya penyimpangan administrasi yang dilakukan oleh pegawai dalam memberikan pelayanan pelayanan pegawai UPTPK di nilai sudah responsible. 3) Transparansi, Prosedur pelayanan kepada masyarakat dibidang kesehatan melalui Kartu Saraswati sudah di publikasikan informasinya kepada masyarakat yang menginginkan pelayanan UPTPK melalui website, Facebook. Transparansi pelayanan publik di UPTPK dinilai sudah transparan dengan baik karena secara umum pelaksanaan progam yang mudah diketahui  masyarakat,  keterbukaan  birokrasi,  tindakan  pelaksanaanya  sesuai proses perumusan dan adanya publikasi informasi media.

 

Kata Kunci : Akuntabilitas, Kemiskinan , Kartu Saraswati

 

×
Penulis Utama : Santika Novita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1115036
Tahun : 2017
Judul : Akuntabilitas Pelaksanaan Progam Jaminan Kesehatan melalui Kartu Saraswati di Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Isip - 2017
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS – FISIP, Prodi. Administrasi Publik - D1115036- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rutiana Dwi W, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.