Penulis Utama : Hani Natalie
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013107
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Katuk (Sauropusandrogynus [L.] Merr.) Terhadap Pertumbuhan candida Albicans Secarain Vitro
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran- G0013107- 2016
Subyek : EKSTRAK ETANOL DAUN KATUK, C. ALBICANS, DIAMETER ZONA HAMBAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Upaya untuk menekan angka kesakitan dan kematian akibat kandidiasis dilakukan dengan pemberian obat sintetis sebagai fungisidal. Namun, penggunaan obat ini menimbulkan banyak efek samping dan mulai terjadi resistensi. Efek samping dan resistensi terhadap obat menyebabkan munculnya penelitian untuk kembali ke pengobatan alternatif alami dengan menggunakan tanaman yang mengandung bahan kimia bersifat antifungi. Daun katuk (Sauropus androgynus [L.] Merr.) sebagai  alternatif pengobatan, diharapkan mampu memberikan hasil yang lebih baik dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans.

Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah ekperimental kuasi laboratorik. Obyek penelitian adalah jamur C. albicans ˜ 0,5 McFarland yang ditanam pada agar Dextrose-Sabboraud. Koloni C. albicans diberi perlakuan dengan ekstrak daun katuk dengan konsentrasi 70%, 75%, 80%, 85%, dan 90% serta kontrol positif (ketokonazol) dan kontrol negatif (aquadest) yang diulangi 5 kali. Pengamatan dilakukan dalam 48 jam kemudian diukur diameter zona hambat yang terbentuk. Data yang didapat diuji menggunakan one way ANOVA, regresi linear dan analisis probit.

Hasil Penelitian: Uji one way ANOVA menunjukkan nilai p<0>

Simpulan Penelitian: Ekstrak etanol daun katuk terbukti berefek terhadap pertumbuhan jamur C. albicans dengan diameter zona hambat terbesar ada pada konsentrasi 95%.
Kata Kunci: ekstrak etanol daun katuk, C. albicans, diameter zona hambat

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar pernyataan persetujuan.pdf
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Bab VI.pdf
Daftar pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yulia Sari, S. Si., M. Si
2. Sigit Setyawan, dr., M. Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran