Penulis Utama : Afzal Nur Iman
NIM / NIP : K3112002
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produkberupa panduan layanan pembentukanperilakubertanggungjawabbagipelajar SMK.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Develpoment), namundaritigatahapdesaipenelitiandanpengembanganpenelitianini hanya sampai pada tahap pertamayaitutahappra pengembangan untukpembuatan produk. Subjek penelitian ini peserta didik SMK dari kelas X-XII se-eks Karisidenan Surakarta. Hasil databerdasarkankajianempirikadalah berupa data kebutuhan dan kepentingan peserta didik, perolehan data berdasarkan tiga responden yang terdiri dari peserta didik, guru BK, dan orang tuapesertadidik. Hasil persentase kebutuhan dan kepentingan yang cukuptinggidalambidangpribadi-sosialyangakan dijadikan judul penelitian ini.
Hasil penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu: Pertama, kajian empirik didapatkan data tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik yang diperoleh dari 3362 responden memiliki hasil persentase 65.74% sangat dibutuhkan, 32.48%, dibutuhkan,1.22%, kurang dibutuhkan, dan tidak dibutuhkan 0.28%. Sangat penting 65.54%, penting 32.58%, kurang penting 1.32%, dan tidak penting 0.00%.  terhadap pengembangan perilaku bertanggungjawab. Kedua, kajian teoritik berisi mengenai perilaku bertanggungjawab dan goal settingyang meliputi: pengertian perilaku bertanggungjawab, manfaatperilakubertanggungjawab, danindikatorperilakubertanggungjawabbagipelajar, pengertian goal setting, langkah-langkah goal setting, dan tujuan goal setting. Penelitian ini menghasilkan prototipe satu berupa “Panduan LayananPembentukanPerilakuBertanggungJawabSebagaiPelajar SMK”.
 Simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya  untuk mengembangkan panduan yang akan diuji validitas, keefektifan dan kepraktisan.

Kata kunci: panduan layanan, perilaku bertanggungjawab, teknik goal setting

 

×
Penulis Utama : Afzal Nur Iman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112002
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan panduan layanan pembentukan perilaku bertanggung jawab sebagai pelajar SMK dengan teknik goal setting
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Bimbingan dan Konseling-K3112002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd,
2. Rian Rokhmad H., S.Pd., M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.