Penulis Utama : Ina Fitria Ismarlin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S620207004
Tahun : 2016
Judul : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Dalam Pengembangan Diri Melalui Pendidikan (Kasus Mahasiswa Stpp Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian Di Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana- Prodi Penyuluhan Pembangunan- S620207004- 2016
Subyek : PENYULUH, PERTANIAN, MOTIVASI, KAPASITAS, PENDIDIKAN.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Untuk mempercepat pembangunan pertanian di Indonesia, setiap petugas perlu diberi kesempatan untuk belajar mengembangkan keterampilan-keterampilan baru dan meningkatkan keahlian khususnya selama ia masih aktif dalam jabatannya. Ini merupakan salah satu upaya peningkatan kapasitas SDM pertanian guna meningkatkan kesejahteraan para petani. Sumberdaya pertanian yang dimaksud, selain petani juga aparaturnya yang didalamnya termasuk penyuluh pertanian. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Jurusan Penyuluhan Pertanian di Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Pertanian, yang bertugas melaksanakan pendidikan profesional di bidang penyuluhan pertanian. STPP Magelang terdiri dari 2 (dua) Program studi yaitu Program Studi Penyuluhan Pertanian di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Program Studi Penyuluhan Peternakan di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Saat ini STPP Jurluhtan Yogyakarta mempunyai 118 orang mahasiswa tugas belajar yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui faktor karakteristik mahasiswa, dukungan dari pengajar, dukungan atas fasilitas belajar terhadap motivasi belajar penyuluh yang mengikuti pendidikan di STPP Magelang Jurluhtan Yogyakarta, (2) Mengetahui faktor karakteristik mahasiswa, dukungan dari pengajar, dukungan atas fasilitas belajar terhadap hasil belajar penyuluh yang mengikuti pendidikan di STPP Magelang Jurluhtan Yogyakarta. Untuk mengumpulkan informasi dalam menganalisis penelitian ini maka 60 orang mahasiswa sebagai responden dipilih dengan teknik sampel berstrata tidak proporsional (disproportional stratified random sampling). Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisa jalur (path analysis).
Berdasarkan dari hasil analisis penelitian disimpulkan bahwa : (1) Motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi secara simultan oleh karakteristik mahasiswa, dukungan pengajar, dan dukungan fasilitas, (2) Hasil belajar mahasiswa dipengaruhi secara simultan oleh karakteristik mahasiswa, dukungan pengajar, dan dukungan fasilitas secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar sebagai pemediasi.

Kata kunci : penyuluh, pertanian, motivasi, kapasitas, pendidikan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar pernyataan persetujuan.pdf
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Eny Lestari, M.Si
2. Dr. Sapja Anantanyu, SP., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana