Penulis Utama : Rian Tri Jatmiko
NIM / NIP : S351408038
×

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui akibat hukum atas Pemalsuan Akta Berita Acara Rapat Yayasan yang dibuat oleh Notaris, serta untuk mengetahui Eksistensi Yayasan atas Pemalsuan Akta Berita Acara Rapat Yayasan yang dibuat Notaris.
Metode Penelitian yang dipergunakan untuk mencapai tujuan adalah metode penelitian hukum normatif yang beranjak dari adanya konflik Penyesuaian Anggaran Dasar Yayasan yang dibuat berdasarkan data dan keterangan palsu. Penelitian normatif dengan pendekatan  Perundang-undangan dilakukan dengan mengkaji dan menganalisis peraturan Perundang-undangan yang berkaitan dengan yayasan yaitu Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.
Hasil Penelitian dari penulisan ini adalah dengan adanya Pemalsuan Akta Otentik mengakibatkan Akta yang menjadi sengketa tersebut adalah batal demi hukum karena tindakan pemalsuan akta yang dilakukan Notaris merupakan Perbuatan melawan hukum. Notaris dapat digugat secara perdata disertai dengan tuntutan penggantian biaya ganti rugi. Yayasan membutuhkan pengakuan sebagai badan hukum, sehingga keberadaan dan eksistensi Yayasan bisa dipercaya oleh masyarakat. Yayasan Bhakti Sosial Surakarta belum terdaftar sebagai badan hukum karena Yayasan tersebut belum menyesuaikan Perubahan Anggaran Dasarnya ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Pemalsuan Akta Otentik merupakan salah satu perbuatan melawan hukum, sehingga menyebabkan Akta batal demi hukum. Notaris dapat digugat secara perdata disertai dengan tuntutan penggantian biaya ganti rugi. Yayasan Bhakti Sosial Surakarta tidak absah dan tidak bisa lagi menjalankan kegiatan karena Yayasan tersebut telah melewati batas waktu penyesuaian, sehingga Yayasan dapat dibubarkan dan melikuidasi Kekayaan Yayasan. Akta Berita Acara Yayasan Nomor 58 yang menjadi batal demi hukum dianggap Akta tidak Pernah ada. Notaris dikenakan sanksi Pemberhentian Sementara dari Jabatannya. Dengan adanya Akta yang batal demi hukum menyebabkan Yayasan tidak dapat melaksanakan kegiatannya dan jika Yayasan tersebut masih melaksanakan kegiatan, maka kegiatan tersebut dianggap ilegal. Notaris diwajibkan bertindak Amanah dan Jujur untuk menciptakan Notaris yang berkualitas baik dan profesional serta dalam pembuatan Akta diwajibkan dengan prosedur yang sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan.

Kata Kunci: Eksistensi Yayasan, Pemalsuan Akta Berita Acara, Akibat Hukum

×
Penulis Utama : Rian Tri Jatmiko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351408038
Tahun : 2017
Judul : Eksistensi Yayasan Dan Akibat Hukum Atas Pemalsuan Akta Berita Acara Rapat Yayasan yang Dilakukan oleh Notaris
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Program Studi Kenotariatan- S351408038-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Pujiyono, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.