Penulis Utama : Yogi Wahyu Pangestu
NIM / NIP : K3515058
×

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia pendidikan bertransformasi menjadi dunia pendidikan yang berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan   untuk mengetahui (1) Perbedaan kemudahan penggunaan dan kepuasan penggunaan Google Suite For Education   untuk pengelolaan kegiatan pembelajaran sebelum dan sesudah implementasi. (2) Pengaruh Google Suite For Education yang meliputi memperoleh materi, mengakses materi, ujian online, penggunakan sistem cloud computing dan kolaborasi kelas terhadap siswa kelas  X TKJ SMK Negeri 1

Sawit. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design without control group. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK N 1 SAWIT yang berjumlah 64 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 64 orang.Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas serta uji hipotesis. Dari hasil penelitian, terjadi perbedaan yang signifikan yaitu kemudahaan penggunaan dan kepuasan penggunaan antara sebelum diterapkan Google Suite For  Education  dan  sesudah  diterapkan  Google  Suite  For  Education  untuk kegiatan pengelolaan pembelajaran.    Perbedaan tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji paired sample t-test nilai signifikansi dari semua indikator yang diteliti yaitu kompabilitas, kebutuhan, reliabilitas, fungsionalitas dan ketersediaan penyimpanan menunjukan perbedaan yang siginifikan. Pengaruh berikutnya terdapat pengaruh dari penggunaan Google Suite For Education untuk pengelolaan kegiatan pembelajaran. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji analisis linier sederhana yang membuktikan bahwa Google Suite For Education berpengaruh terhadap pengelolaan kegiatan pembelajaran.

Simpulan dalam  penelitian  ini  adalah penerapan  Google Suite For  Education berpengaruh  terhadap  pengelolaan  kegiatan  pembelajaran  siswa  kelas  X  TKJ SMK N 1 Sawit.

Kata Kunci: Cloud Computing, Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran,Software As A service

 

×
Penulis Utama : Yogi Wahyu Pangestu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515058
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh penggunaan teknologi cloud computing berbasis Software As A Service terhadap pengelolaan kegiatan pembelajaran ( studi kasus di SMK Negeri 1 Sawit )
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3515058-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puspanda Hatta S.Kom., M.Eng.
2. Endar Suprih Wihidayat S.T.,M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.