Penulis Utama : Annisa Cahyaningrum
NIM / NIP : K8115008
×

ABSTRAk

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok A di TK Desa Plumbon II Mojolaban tahun ajaran 2018/2019 melalui kegiatan mozaik dengan bahan alam. Berdasarkan obsevasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kreativitas anak kelompok A di TK Desa Plumbon II belum berkembang sesuai harapan yang ditunjukkan dengan empat indikator kreativitas pada anak, sehingga perlu adanya peningkatan kreativitas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan serta setiap pertemuan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Desa Plumbon II Mojolaban tahun ajaran 2018/2019 yang berusia 4-5 tahun dengan jumlah 14 anak terdiri dari 12 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa kreativitas anak meningkat melalui kegiatan mozaik dengan bahan alam. Peningkatan kreativitas dilihat dari anak mampu menggambar pola dengan lancar sesuai tema, mampu mengkombinasikan warna dengan variasi yang lebih banyak, mampu membuat hasil karya baru atau sesuai dengan ide sendiri, mampu menggunakan bahan untuk membuat variasi. Hasil peningkatan persentase kreativitas setelah diterapkan kegiatan mozaik dengan bahan alam yaitu pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 50%. Peningkatan persentase pada siklus II yaitu sebesar 76%. Kesimpulan penelitian ini yaitu melalui kegiatan mozaik dengan bahan alam dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok A di TK Desa Plumbon II Mojolaban tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: Kreativitas anak, kegiatan mozaik, bahan alam, anak usia dini

 

×
Penulis Utama : Annisa Cahyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115008
Tahun : 2019
Judul : Penerapan kegiatan mozaik dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas pada anak kelompok A di TK Desa Plumbon II Mojolaban tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Ilmu Pendidikan/ PG-PAUD-K8115008-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M. Pd.
2. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.