Penulis Utama : Dewi Suryana
NIM / NIP : K3315015
×

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 menggunakan model Team Game Tournament (TGT) berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) dengan media pembelajaran KahootTM pada materi asam basa.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dengan satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta dengan 26 peserta didik sedangkan objek penelitian ialah minat dan prestasi belajar. Teknik pengumpulan data awal adalah observasi dan wawancara.Teknik pengumpulan data aspek pengetahuan dengan menggunakan tes sedangkan aspek sikap, keterampilan dan minat melalui observasi.Penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa penerapan model Team Game Tournament (TGT) berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) dengan media pembelajaran KahootTM dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta pada materi asam basa. Persentase ketuntasan prestasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II aspek pengetahuan sebesar 53,84% menjadi 73,07%, aspek sikap sebesar 84,61% menjadi 92,3%, aspek keterampilan sebesar 100% dan minat sebesar 92,3% menjadi 96,15%.

Kata Kunci: Team Game Tournament (TGT), Science, Technologi, Engineering and Mathematics (STEM), KahootTM, Minat, dan Prestasi Belajar.

 

×
Penulis Utama : Dewi Suryana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315015
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Team Game Tournament (TGT) berbasisscience, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) dengan media pembelajaran Kahoottm Untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar pada materi asam basa di kelas Xi Sma Batik 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Kimia-K3315015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Yamtinah, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Budi Hastuti, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.