Penulis Utama : Dilla Rapika Sari
NIM / NIP : K4315015
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menguji validitas Learning progression siswa kelas X dan XI terhadap konsep materi Penyakit, dan 2) Mengetahui pemahaman konsep siswa kelas X dan XI terhadap konsep materi penyakit. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Ex-post facto dengan pengambilan data dilakukan dengan metode survei.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri di Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 258 siswa dari delapan kelas di tiga SMA Negeri di Surakarta. Instrumen penelitian dibuat dengan mengadopsi Learning Progression of Disease yang dibuat oleh National Research of Council.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan lembar survei kepada responden. Pengambilan data dilakukan satu kali untuk setiap kelas. Wawancara dilakukan setelah analisis terhadap hasil survei selesai. Teknik analisis data dilakukan secara deskripstif kuantitatif dengan analisis butir soal menggunakan product moment.
Hasil penelitian menyatakan 1) Validitas Learning progression siswa kelas X dan XI terhadap konsep materi Penyakit perlu mendapatkan perbaikan pada instrumen penelitian yang digunakan, dan 2) Pemahaman konsep siswa kelas X dan XI terhadap konsep materi penyakit sudah sesuai levelnya, namun terdapat beberapa konsep yang belum sesuai karena siswa belum mampu mengaitkan konsep satu dan lainnya. Pemahaman konsep terkait Learning progression konsep penyakit tidak dipengaruhi kelas maupun gender.
Keywords: Learning Progression, konsep, penyakit

 

×
Penulis Utama : Dilla Rapika Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315015
Tahun : 2019
Judul : Pengujian learning progression konsep penyakitpada siswa kelas X dan Xi SMA Negeri di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-K4315015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murni Ramli, S.P, M.Si., Ed.D,
2. Dr. Harlita, S.Si, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.