Penulis Utama : Gama Prabowo
NIM / NIP : K4414020
×

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian historis dengan langkah-langkah heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan studi arsip/dokumen dan studi pustaka.Teknik verifikasi data menggunakan kritik ekstern danintern sumber.Teknik analisis datamenggunakan pendekatan ilmu ekonomi dan politik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1)Sitem manajemen perusahaan gula Mangkunegaran  1862-1916 merupakan hasil adaptasi dari sistem manajemen perusahaan gula milik pemerintah kolonial.Terdapat kemiripan pola dan struktur antara sistem manajemen perusahaan gula mangkunegaran dengan sistem manajemen perusahaan gula pemerintah kolonial, yakni padaupper management, middle management dan lower management; (2)Pergantian Mangkunegara mempunyai pengaruh vital terhadap hasil produksi perusahaan gula Mangkunegaran. Setiap Mangkunegara memiliki tingkat kemampuan kepemimpinan bisnis yang berbeda-beda tergantung pada latar belakang pendidikan dan karakter.Kemampuan dasar kepemimpininan dalam menjalankan bisnis perusahaan gula yang meliputi: a) Kemampuan menciptakan visi perusahaan,  b) Kemampuan mempengaruhi pegawai, c) Kemampuan berpolitik dan bersosialisasi kepada klien serta pemerintah, merupakan faktor penentu keberhasilan seorang Mangkunegara dalam meningkatkan hasil produksi dari perusahaan gula Mangkunegaran. (3) Sistem manajemen perusahaan gula Mangkunegaran 1862-1916 dapat menjadi referensi pembelajaran Sejarah Indonesia Madya II khususnya pada sub-materi analisis dan implikasi dari kebijakan Agrarische Wetdi Nusantara.

Kata kunci:sistem manajemen, perusahaan gula Mangkunegaran,masa kolonial, sejarah Indonesia madya

 

×
Penulis Utama : Gama Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414020
Tahun : 2019
Judul : Sistem manajemen perusahaan gula Mangkunegaran masa kolonial (1862-1916) sebagai referensi pembelajaran sejarah Indonesia Madya II
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Sejarah -K4414020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono M.Pd.,
2. Drs. Tri Yuniyanto, M. Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.