Penulis Utama : Imam Wegik Wahyu Indrasto
NIM / NIP : K1515036
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penambahan limbah gelas plastik PET pada stabilitas aspal; (2) mengetahui pengaruh penambahan limbah gelas plastik PET pada flow aspal; (3) digunakan sebagai suplemen/bahan ajar mata kuliah Dasar-dasar Konstruksi Jalan dan Jembatan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan eksperimen uji laboratorium menggunakan alat Marshall yang berada di Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Analisis data menggunakan program SPSS 23 dengan uji regresi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, ada pengaruh signifikan antara penambahan limbah gelas plastik PET terhadap stabilitas aspal. Penambahan limbah gelas plastik PET membuat nilai stabilitas bersifat kuadratik dengan nilai optimal penambahan 3% dan nilai stabilitas 1270,8 Kg. Kedua, ada pengaruh signifikan antara penambahan limbah gelas plastik PET terhadap flow aspal. Nilai flow yang diperoleh dengan penambahan limbah gelas plastik PET bersifat linier, yaitu semakin banyak penambahan limbah gelas plastik PET, maka semakin besar pula nilai flow yang didapatkan. Ketiga, penelitian ini dapat digunakan sebagai suplemen / bahan ajar pada mata kuliah Dasar-dasar Konstruksi Jalan dan Jembatan pada KD Perencanaan Geometrik Jalan Raya dengan indikator Konstruksi Perkerasan Lentur.

Kata Kunci : campuran aspal, limbah gelas plastik PET, stabilitas, flow

 

×
Penulis Utama : Imam Wegik Wahyu Indrasto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515036
Tahun : 2019
Judul : Modifikasi campuran aspal dengan bahan tambah limbah gelas plastik(Polyethylene Terephthalate / Pet) ditinjau pada aspek stabilitas dan kelelehan plastis sebagai suplemen/bahan ajar mata kuliah Dasar-Dasar Konstruksi Jalan dan Jembatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan-K1515036-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono S.T.,M.T.
2. Aryanti Nurhidayati S.T.,M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.