Penulis Utama : Taufiq Nur Adnan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3616058
Tahun : 2019
Judul : Analisis Likuiditas Bank (Studi Kasus pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Tahun 2013 – 2018)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS – F. Ekonomi dan Bisnis, Prodi III Keuangan dan Perbankan - F3616058- 2019
Subyek : LIKUIDITAS, BANK BTN, LOAN TO DEPOSITS RATIO (LDR), LOAN TO FUNDING RATIO (LFR)
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tingginya Loan to Deposits Ratio (LDR) Bank BTN. LDR merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur likuiditas bank. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat likuiditas Bank BTN dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2018 dengan melihat perkembangan LDR, mengetahui komposisi kredit (loan) dan simpanan (deposits), kemudian menemukan solusi kecukupan likuditas yang dapat dilakukan Bank BTN.
    Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data olahan yang dipublikasikan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, berbagai literatur, peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia utamanya Peraturan Bank Indonesia, dan studi kepustakaan yang diperoleh dengan teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif pendekatan kuantitatif.
    Hasil dari penelitian ini: 1) Loan to Deposits Ratio (LDR) Bank BTN dari tahun 2013 sampai dengan kuartal III 2018 semuanya berada diatas angka 100% yang berarti kualitas likuiditas Bank BTN selama 6 tahun berturut-turut jika ditinjau dari kegiatan utama bank funding dan lending yang tercermin pada LDR adalah kurang likuid; 2) Komposisi kredit yang disalurkan Bank BTN didominasi oleh kredit jangka panjang, sedangkkan komposisi simpanan Bank BTN didominasi oleh deposito jangka pendek; 3) Solusi alternatif untuk pemenuhan likuiditas Bank BTN adalah dengan menerbitkan obligasi atau surat berharga yang jangka waktu pengembaliannya lebih panjang dibanding deposito, solusi ini sejalan dengan Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/11/PBI/2015 Tentang Giro Wajib Minimum Bank Umum yang didalamnya terdapat peraturan baru mengenai Loan to Funding Ratio (LFR) yang merupakan koreksi dari Loan to Deposits Ratio (LDR).

Kata Kunci: Likuiditas, Bank BTN, Loan to Deposits Ratio (LDR), Loan to Funding Ratio (LFR)

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan Publikasi (6).pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
DAFTAR PUSAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Vita Kartika Sari, SE, M.Sc,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis